Proteksi Aset Finansial dan Aset Fisik Dari Ledakan Lebanon

Hallo rekan-rekan semua, kali ini saya ingin menyoroti ledakan yang sangat besar terjadi di Lebanon baru-baru ini.

ledakan lebanon

Ledakan yang terjadi akibat terbakarnya warehouse yang berisi 2.700 ton amonium nitrat (untuk pertanian menurut pemerintah Lebanon).

Radius ledakan yang merusak mencapai lebih dari 5 km. Menghancurkan ribuan bangunan beserta isinya, berbagai kendaraan dan peralatan di sekitar, termasuk kapal laut yang sedang berada di pelabuhan.

Serta mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia dan ribuan lagi luka parah dan ringan.

Begitu juga beberapa hari lalu, terjadi kebakaran besar sebuah pasar di Uni Emirat Arab, dengan area kebakaran yang tidak bisa dibilang kecil, dan asap yang menyebar luas ke sekitar area mengikuti arah angin. 

Yang ingin saya sampaikan kepada para pembaca sekalian adalah, apakah sebelum kejadian ini rekan-rekan pernah berandai-andai akan terjadinya peristiwa sejenis? 

loading...

Dan, kalau iya, apakah rekan-rekan sudah memikirkan apa dampaknya apabila kita memiliki aset di sekitar area tersebut?

Pengalaman saya selama 30 tahun di industri asuransi dan manajemen risiko, sangat sedikit orang yang memiliki budaya sadar risiko. Sehingga mereka tidak pernah memikirkan alternatif, atau upaya apa yang dilakukan bila terjadi sesuatu yang merusak atau membahayakan diri kita.

Ketika saya ingin melakukan Business Continuity Planning (BCP) Test di tahun 2016, saya mengumpulkan seluruh Divisi dan Department untuk refreshing BCP.

Saya sampaikan ke peserta bahwa penyebab server IT, ataupun area kerja tidak dapat diakses, bukan hanya karena gempa, kebakaran dan perang saja, tetapi juga karena racun yang mungkin bocor di sekitar, atau merebaknya penyakit menular sehingga area kerja di karantina. 

Bagi yang tidak sempat membaca lebih lanjut, silahkan dengarkan video berikut ini (Please subscribe ya):

loading...

Para peserta baru menyadarinya saat itu, mereka tidak menduga bahwa banyak risiko yang bisa mengganggu jalannya bisnis dengan normal.

loading...

Dan ketika pandemi covid19 terjadi, hal tersebut terbukti kebenarannya, dan pasti rekan-rekan merasakan manfaatnya Business Continuity Plan yang baik dan ditest dengan rutin.

Baca: Proteksi Berbagai Aset Anda dengan Asuransi

Kembali terkait dengan peristiwa ledakan di Lebanon, saya ingin menggugah rekan-rekan semua yang telah melihat peristiwa tersebut dengan pertanyaan berikut:

  1. Bagi Perusahaan Asuransi, apakah kita pernah memikirkan akumulasi risiko di pelabuhan? Dimana umumnya akumulasi hanya dihitung per shipment, untuk Cargo, dan per area untuk property serta personal accident. Sementara kombinasinya tidak pernah diperkirakan. Sehingga underwriter yang bijak akan mengantisipasinya dengan Excess of Loss (XOL)
    • Dampak ledakannya sangat luas, dan merusak bukan hanya property, cargo, kapal, manusia, tetapi juga alat-alat berat, mesin-mesin di sekitar, proyek konstruksi, kendaraan, liability dan Business Interruption
    • Pastikan reinstatement premium XOL masuk dalam risk tolerance anda. Apabila tidak mencukupi dan ada loss yang tidak tercover, berarti anda harus siap menghadapi penurunan profit bahkan aset perusahaan anda.
  2. Untuk para pengusaha yang melakukan proses export import bahan baku dan bahan jadi, expedisi, serta para pemilik kapal, apakah anda sudah benar-benar memproteksi aset anda dengan proteksi yang terbaik? 
    • Proteksi akan memastikan aset dan usaha anda untuk terus tumbuh. Kalau anda menganggap remeh dan mencari coverage yang tersempit, bahkan tidak mengasuransikan sama sekali atau melakukan self insurance, maka pastikan semua biaya (akibat kerugian) tersebut masuk ke dalam risk tolerance anda dan tidak membuat perusahaan anda bangkrut.
  3. Untuk kita semua secara pribadi, dampak dari ledakan melukai dan membunuh, selain itu asapnya dapat meracuni dan menimbulkan berbagai penyakit. 
    • Apakah kita sudah siap dengan proteksi diri kita menggunakan asuransi jiwa dan kesehatan yang terbaik, sehingga aset anda tidak tergerus membayar pengobatan rumah sakit, atau apabila meninggal dunia kita telah menyediakan warisan untuk anak dan keluarga kita?

Pengalaman saya selama ini, sangat banyak orang yang baru sadar bila accident terjadi, dan akibatnya semua sudah terlambat.

Mari bergerak cepat untuk mereview pengelolaan risiko di tempat anda bekerja, atau anda sebagai pribadi.

Feel free menghubungi saya untuk diskusi dan saran-saran yang diperlukan, terkait risk management, serta bagaimana memilih coverage terbaik dari asuransi umum dan asuransi jiwa yang terbaik.

Stay safe, Stay Healthy

God Bless You, Go Bless Indonesia.

@shtobing

Add a Comment