Penjelasan Keuntungan Aset Diproteksi Dibanding Tanpa Proteksi

Hallo para pembaca sekalian, apakah anda pernah melihat efek dari aset yang diproteksi dengan baik dibandingkan yang tidak terproteksi?

payung proteksi
Proteksi Aset Anda

Proteksi aset sangat penting, apabila tidak dilakukan maka tidak ada kepastian apakah aset kita bisa tumbuh mencapai target yang kita harapkan.

Uraian saya berikut ini ditujukan untuk setiap Enterprenuer, yang memiliki aset atau bertanggungjawab mengelola aset, dan bertujuan untuk mengembangkannya di masa depan.

Seorang Enterprenuer pasti menginginkan asetnya bertumbuh agar dia dapat terus mengembangkan usahanya, dan memberi pekerjaan bagi setiap orang yang membutuhkan.

Proteksi Aset Anda Dengan Asuransi Terpercaya

Proteksi aset saya ilustrasikan dengan sangat sederhana di video berikut ini, lengkap dengan penjelasan lisan yang saya yakin akan membuat anda mengerti betapa pentingnya proteksi aset anda.

loading...
loading...

Misalnya kita memiliki aset sebesar 100 Milyar, dan dalam setahun kita harus membeli proteksi senilai 1 Milyar, atau 10% dari aset. Kita asumsikan, setelah pembelian proteksi (asuransi) net profit kita adalah 10 Milyar, yang selanjutnya kita akumulasikan ke dalam aset.

Maka, dengan asumsi net profit setiap tahun adalah sama, aset kita akan terus bertumbuh, walaupun misalnya terjadi accident senilai 50 milyar di tahun ke 5. Karena kerugian tersebut akan diserap oleh perusahaan asuransi.

Di tahun selanjutnya, sejauh kita meneruskan proteksi, maka ada atau tidak ada klaim, aset kita akan tetap tumbuh. Hingga dengan asumsi “ceteris paribus”, di tahun ke sepuluh, nilai aset kita telah menjadi 180% dari sebelumnya. Atau tumbuh 80%.

Harga proteksi atau rate premi asuransi relatif sama dari tahun ke tahun. Sangat kecil kemungkinan terjadi kenaikan. Bahkan pengalaman saya selama 30 tahun, rate premi asuransi tidak naik bahkan turun, sehingga bisa dipastikan biaya proteksi yang kita keluarkan akan sama.

Selanjutnya kita sama-sama lihat bagaimana bila aset kita tidak diproteksi?

Dengan asumsi kita menghemat premi asuransi sebesar 1 milyar, dan akibatnya meningkatkan net profit menjadi 11 milyar. Maka, apabila terjadi kerugian yang sama, yaitu di tahun ke 5, aset kita langsung tergerus. 

loading...

Keuntungan tambahan sebesar 1 milyar dari tahun pertama, atau total 5 milyar hingga tahun ke 5, tidak ada manfaatnya, karena nilai aset yang tergerus jauh lebih besar. 

Dan dengan asumsi tidak terjadi kerugian baru, maka di tahun ke 10, aset kita hanya tumbuh sebesar 38%.

Bisa dibayangkan bagaimana bila terjadi kerugian baru. Atau bagaimana bila terjadi kerugian bukan hanya 50 Milyar, tetapi 100 Milyar misalnya.

Dengan demikian jelas, bahwa menghemat proteksi, atau premi asuransi sekitar 1% dari nilai aset adalah sikap yang salah. 

Selain itu jadikan biaya proteksi, atau premi tersebut, sebagai biaya operasional, sehingga kita tidak mempermasalahkan lagi apabila tidak terjadi klaim selama 10 tahun.

Banyak orang yang kurang menyadari pentingnya pengelolaan risiko hingga transfer risiko, akibatnya banyak yang mengalami kerugian berlipat-lipat hanya karena menghemat sedikit.

Semoga ilustrasi singkat ini dapat membuat kita semakin sadar risiko, dan segera mempertimbangkan untuk membeli proteksi asuransi.

Selamat menjalankan usaha anda. Selamat meningkatkan terus aset anda sehingga dapat berguna bagi orang banyak.

Yang Perlu Dipersiapkan Agar Mudah saat Klaim Asuransi

God bless you, God bless Indonesia.

loading...

@shtobing

Add a Comment