Prinsip Utmost Good Faith Anda Tetap Harus Waspada!

Utmost good faith

Hallo para pembaca sekalian, apakah anda pernah membaca atau mendengar istilah di atas? Istilah Utmost Good Faith?

Bagi yang belum tahu ini adalah istilah yang menyatakan bahwa setiap orang yang ingin melakukan kontrak perjanjian dengan orang lain itu harus berdasarkan niat yang terbaik.

Sederhananya adalah: bukan untuk mencari keuntungan apalagi menipu, apabila tidak maka kontrak yang dibuat otomatis akan gugur.

Istilah Utmost Good Faith kalau kita terjemahkan secara langsung adalah “Niat atau tujuan yang terbaik”.

Bagi yang apatis mungkin bertana, apakah hal tersebut bisa terwujud? Jawabnnya “tentu bisa terwujud”, hanya apakah setiap orang memilikinya (niat terbaik itu) atau tidak? Itu adalah tugas kita yang akan mengikatkan diri dengan orang lain dalam bentuk kontrak, untuk menujukan prinsip itikad terbaik itu dengan berbagai hal (ketentuan) yang dapat meyakinkan kita bahwa orang itu benar-benar beritikad baik. Atau sebaliknya kita menunjukan pada orang tersebut bahwa kita beritikad baik juga.

loading...

Prinsip Utmost Good Faith dipakai disetiap ikatan perjanjian antar pihak. Dan industri yang sangat sering menggunakan istilah ini adalah asuransi. Karena berbeda dengan bisnis lain, bisnis asuransi adalah bisnis yang unik yaitu memperjanjikan sesuatu yang belum tentu terjadi.

Sehingga tanpa prinsip Utmost Good Faith maka bisa dipastikan akan terjadi wanprestasi ketika apa yang diperjanjikan terjadi. Misalnya, bangunan yang diasuransikan terbakar dan kerugian pemilik senilai Rp. 1 Milyar, maka tanpa penerapan prinsip Utmost Good Faith bisa jadi perusahaan asuransi mencari cara untuk menolak klaim (ganti rugi) atau mengulur-ulur waktu pembayaran ganti rugi.

Kebalikannya, bila ternyata memang sang nasabah ingin membakar gudangnya dan memperoleh penggantian asuransi. 

Adanya prinsip utmost good faith bukan berarti anda bisa mengabaikan kemungkinan kecurangan, dengan dasar pemikiran secara hukum kontrak akan batal, karena pembuktian bila seseorang melanggar prinsip Utmost Good Faith kadang sangat sulit dilakukan, apalagi dengan berjalannya waktu seringkali bukti-bukti sudah hilang.

Jadi tetap waspada dan jangan percaya buta dengan orang yang akan mengikat kontrak dengan anda, selalu periksa dokumen-dokumen terkait dan yang tak kalah penting adalah selidiki rekam jejaknya.

Semoga bermanfaat membuat bangsa Indonesia semakin cerdas.

loading...

God bless you, God bless Indonesia

@shtobing 

Add a Comment