Apakah Anda Sadar Risiko?

Hallo para pembaca sekalian, apabila ada pertanyaan apakah anda termasuk orang yang sadar risiko? Mungkin anda akan menjawab: “sudah pasti”, dan biasanya untuk meyakinkan orang anda lanjutkan: “oleh karena itu kalau ada bahaya maka saya pasti menghindar”.

Apabila itu jawaban anda, maka menurut saya anda belum mengerti apa itu sadar risiko. Untuk melatihnya anda perlu melihat gambar-gambar di bawah dan merenungkannya.

Apakah risiko memang selalu terlihat di depan mata sehingga kita mudah menghindarinya? atau sebenarnya risiko yang besar itu sama sekali tidak terlihat di depan mata? sehingga seringkali membuat orang terkejut karena tidak siap mengantisipasinya?.

Ingatlah, “bahaya” yang terlihat dengan kasat mata itu sebenarnya bukan risiko, karena dengan mudah kita dapat menghindarinya (misalnya kita melihat ular berbisa).

Sadar risiko berarti mengerti dan waspada pada risiko yang tidak tahu kapan akan terjadi, dan bila terjadi risiko tersebut akan sangat merugikan kita (misalnya di bawah daun ada ular berbisa yang bersembunyi). Sehingga orang sadar risiko tidak sembarangan berjalan di atas tumpukan daun kering.

Oleh karena itu, untuk menjadi orang yang sadar risiko, kita harus waspada dan cermat mengamati risiko-risiko yang “mungkin terjadi” di sekitar anda.

loading...
sadar risiko
Gambar 1

Gambar 1: Suasana yang tenang dan nyaman sering membuat kita lupa bahwa bahaya ada di mana-mana, dan bisa terjadi setiap saat. Orang yang sadar risiko juga suka dengan suasana tenang, tetapi mereka membuat antisipasi bila terjadi risiko.

sadar risiko
Gambar 2
loading...

(Gambar 2) Lihat ke atas, apakah lampu hias itu sudah dipasang dengan kuat? Kelalaian dapat mengakibatkan keindahan yang diperlihatkan menjadi bencana. Orang yang sadar risiko tahu itu, dan melakukan pengecekan dengan seksama sebelum lampu gantung diserahterimakan.

sadar risiko
Gambar 3

Gambar 3: Pohon Natal yang terbuat dari kotak-kotak kardus dan kertas kado yang membungkusnya. Dikelilingi oleh lampu hias yang berkelip-kelip. Orang yang sadar risiko akan mempersiapkan antisipasi apabila ternyata kabel listrik bocor dan mengakibatkan kebakaran.

Semoga dapat membuat para pembaca semakin sadar risiko, bukan menjadi takut tetapi menjadi siap mengantisipasi bila terjadi suatu risiko.

God bless you, God bless Indonesia.

@shtobing

loading...

Add a Comment