Rahasia Sukses: Tingkatkan Soft Skill Anda

Hallo apa kabar semua. Kali ini saya akan menyampaikan kiat-kiat mencapai kesuksesan dalam dunia kerja. Hal-hal yang harus anda ketahui, dan selanjutnya anda kembangkan berikut ini, akan bermanfaat dalam mengembangkan karir dimanapun anda bekerja.

Yaitu Soft Skill, yaitu : combination of people skills, social skills, communication skills, character or personality traits, attitudes, career attributes, social intelligence and emotional intelligence quotients, among others, that enable people to navigate their environment, work well with others, perform well, and achieve  (dikutip dari Wikipedia)

Tingkatkan Soft Skill Anda

soft skill salah satu kunci sukses utama

Apabila anda terus meningkatkannya, maka saya jamin karir anda akan berkembang lebih pesat daripada rekan-rekan sejawat anda. Dengan syarat tempat anda bekerja benar-benar menghargai profesionalisme, dan bukan perusahaan yang penuh dengan aksi nepotisme.

Kunci untuk sukses yang akan saya sampaikan adalah “Soft Skill”, yang berbeda dengan “Hard Skill”. Hard skill sangat penting, namun tanpa Soft Skill yang baik, maka orang dengan Hard Skill yang baik tidak akan maju. Karena tanpa Soft Skill orang akan bekerja monoton dari waktu kewaktu, tidak memiliki inisiatif dan ide untuk meningkatkan kinerjanya.

Silahkan klik untuk mengrti perbedaan Soft Skill dan Hard Skill.

Vision and Business Sense

Kemampuan ini diperlukan agar karyawan, di setiap pekerjaannya, dimulai dari tahap perencanaan (Planning), mengerti apa yang menjadi visi dan tujuan perusahaan menjalankan bisnis. Sehingga setiap kegiatan selalu disinkronkan dengan Visi dan Business sence perusahaan.

Pemahan yang rendah dan tidak mengerti mau kemana, dan dengan strategi apa, perusahaan mencapai tujuannya, membuat seorang karyawan bekerja sembarangan. Bahkan mungkin tabrak sana tabrak sini. Dan eg=fek jangka panjangnya tentu pada perusahaan.

Analysis and Judgement

Kemampuan analisa dan mengolahnya dengan pertimbangan matang dalam, untuk mengambil keputusan, harus dimiliki seorang karyawan. Sehingga perusahaan dapat berjalan dengan cepat dan menuju ke tujuan yang benar.

loading...
soft skill salah satu kunci sukses utama

Apabila proses analisa dan judgment lambat maka perusahaan pasti akan ditinggalkan. Sehingga para pesaing semakin berjaya. Tetapi jangan salah, Analysis dan Judgement bukan kecepatan semata. Ingat “pertimbangan yang matang” sangat diperlukan mencegah terjadinya kesalahan fatal.

Interpersonal Skill

Orang pandai, dan bahkan jenius, kalau tidak mampu memanage relasi dengan baik, ia tidak akan diterima orang lain. Kalau itu terjadi maka ia akan kesulitan menyelesaikan tugasnya. Kemampuan berkomunikasi yang baik adalah juga bagian dari Interperosnal Skill, hal ini sangat diperlukan agar dapat diterima oleh orang lain.

Proses kerja sering tidak berjalan dengan efisien, hanya karena ada seseorang yang tidak memiliki interpersonal skill yang baik. Orang tersebut menjadi penghambat proses kerja dan menjadi penghambat di sana-sini.

loading…


Leading and Motivating

Seorang karyawan yang memiliki jenjang karir yang baik adalah seorang karyawan yang dapat memimpin rekan-rekannya. Dia tidak bertindak seperti atasan, namun dia dapat memotivasi rekan-rekannya dalam bekerja.

Sebelum dapat memimpin rekan-rekan kerja anad, anda harus terlebih dahulu mampu memimpin diri sendiri. Setiap orang akan melihat anda, kalau anda gagal memimpin diri sendiri, langsung kredibilitas anda jatuh.

Team Work

Di dunia kerja, team work adalah suatu keharusan. Seorang karyawan yang tidak dapat bekerja sama dengan rekan kerjanya, baik satu bagian maupun lintas bagian, akan memperoleh cap negatif dari management.

Anda harus sadar bahwa cap negatif ini bisa bersifat permanent, sehingga anda akan kesulitan mengembalikan persepsi positif dari orang lain atas anda. Jadi jangan sampai anda dikenal sebagai orang yang tidak mau kerja sama.

loading...

Customer Focus

Setiap karyawan harus sepakat bahwa customer is a king, sebagai kata pengganti bahwa kita harus menghargai pelanggan. Sehingga ini adalah kemampuan kita mengutamakan kepentingan pelanggan. Sejak dari membuat rencana kerja, dan pelaksanaannya selalu terarah kepada kepentingan pelanggan.

Fokus kepada pelanggan tidak hanya sekedar menanggapi apa yang dikeluhkan, tetapi memperbaiki dan meningkatkan pelayanan, agar pelanggan tidak complain. Apabila pelanggan merasakan ada masalah, maka soft skill ini akan menemukan cara hingga keluhan pelanggan tuntas.

Drive and Courage

Kemampuan orang untuk terus membawa perusahaan mencapai tujuannya sangat dibutuhkan. Ia juga harus mampu membangkitkan semangat rekan sejawatnya. Sehingga bukan hanya pekerjaannya saja yang selesai, tetapi rekan sejawatnya juga terpacu.

Keberanian menghadai berbagai hal, dengan tujuan menyelesaikan permasalahan denan baik, adalah ciri khas dari seorang karyawan dengan Drive and Courage tinggi.

Planning and Driving Action

Karyawan yang baik selalu mempersiapkan rencana kerja yang baik pula, mereka bukan tipe yang bekerja tanpa rencana. Karyawan seperti ini memiliki keyakinan diri yang tinggi untuk menyelesaikan rencana kerjanya.

Ia menerapkan berbagai metode dalam mempersiapkan segalanya, dan mecapai hasil yang ditargetkan.

soft skill salah satu kunci sukses utama

Impact

Tidak semua karyawan dapat memperlihatkan kepercayaan diri yang tinggi dalam mencapai tujuan. Ia termasuk kategori tahan banting, dan muka tembok (dalam konotasi positif). Segala gangguan dalam pekerjaannya dia anggap sebagai stamping stone, batu loncatan mencapai tujuan, bukan halangan.

Karyawan seperti ini tidak mudah panik, dia tetap tenang dan dan tidak bereaksi negatif dalam menghadapi permasalahan. Menyalahkan orang lain bukanlah typenya.

Lain Bagian Lain yang Dibutuhkan

Tidak semua soft skill di atas harus ada pada diri seorang karyawan agar dia sukses.!

Dalam pengamatan saya selama bekerja, dengan memiliki 7 dari 10 soft skill di atas, seseorang dapat mencapai posisi puncak. Kalau memiliki ke 10 nya dengan grading yang baik itu tidak apa-apa.

Pada kenyataannya seorang dengan level direktur, ada yang tidak memiliki keseluruhan soft skill dengan grading yang tinggi. Contoh kisah nyatanya tidak memiliki Drive, Courage dan Integrity yang baik. Jadi tidak aneh kalau ada anggota direksi yang tidak kompak, saling menyalahkan dan melarang stafnya untuk bekerja sama dengan team direksi lain.

Kita akan membicarakan bagaimana mengembangkan ke 10 soft skill di atas. Semoga bermanfaat dalam meningkatkan karir anda.

God bless you, god bless Indonesia.

@shtobing