Manfaat Agar-Agar (Tips Sehat)

Hallo para pembaca sekalian, anda suka agar-agar? Kalau ya, maka selamat anda sudah mulai makan makanan yang dikenal menyehatkan tubuh anda.

Tetapi ingat, karena umumnya agar-agar yang dijual adalah hasil olahan, dan selalu ada tambahan gula, maka hati-hati mengkonsumsi agar-agar olahan dan terasa manis itu, karena kadar gula yang tinggi akamn berakibat tidak sehat bagi tubuh.

Pilih Agar-Agar yang sehat
Cake ini agar-agarnya cuma sedikit,
lebih banyak gula dan cream, jadi ini
bukan agar-agar sehat!

Jadi agar-agar yang sehat adalah agar-agar yang kita masak sendiri, dengan membeli bahan bagkunya di pasar, belum mengandung gula!

Agar-agar tanpa gula masih mengandung kalori sekitar 20 kal, tetapi kadar seratnya yang tinggi menjadikan agar-agar salah satu makanan sehat, karena sangat membantu proses pencernaan kita.

loading...

Manfaat yang saya rasakan dan pernah saya sarankan ke teman-teman adalah makan agar-agar di malam hari sebagai pengganti makan malam.

Atau pengganti cemilan malam, sehingga kita bisa mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh (biasanya dari cemilan yang mengandung karbohidrat, gula dan minyak, misalnya nasi goreng, pisang goreng, tahu goreng, kacang goreng, singkong goreng dsb)

Berikut beberapa manfaat agar-agar

Agar-agar atau agar, yang sering kita makan diperoleh dari hasil pengolahan rumput laut merah tertentu. Selain dikonsumsi, agar-agar juga dimanfaatkan dalam bidang kedokteran gigi untuk membuat cetakan gigi.

Di pabrik agar-agar digunakan sebagai bahan dalam emulsi, suspensi, gel, dan supositoria tertentu. Hebatnya lagi, agar-agar diduga memiliki efek yang menyehatkan jika kita menderita susah buang air besar, diabetes, dan obesitas.

loading...
Obesitas

Mengonsumsi agar-agar setiap hari selama 12 minggu dan memilih diet rendah lemak diduga mampu mengurangi berat badan dan indeks massa tubuh pada pasien obesitas yang juga menderita diabetes tipe 2. Tapi, penelitian ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Menurut teori, makan agar-agar membuat kita cenderung merasa kenyang. Kita pun jadi tidak banyak mengonsumsi makanan lain atau berhenti makan setelah hanya beberapa suap. Tapi sejauh ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung teori penurunan berat badan ini.

Diabetes
loading...
loading…


Menurut penelitian yang sama, mengonsumsi agar-agar selama 12 minggu didukung diet rendah lemak diduga menghasilkan penurunan berat badan karena asupan kalori yang berkurang dan perbaikan parameter metabolik yaitu penurunan kadar kolesterol dan indeks masa tubuh (IMT). Namun, penelitian ini juga masih membutuhkan studi lebih lanjut.

Susah buang air besar

Agar-agar mengandung zat seperti gel yang menumpuk di usus. Hal tersebut merangsang usus dan membuat usus menjadi lebih aktif sehingga dapat memperlancar susah buang air besar. Itulah sebabnya agar-agar biasa digunakan sebagai pencahar. Tapi, pernyataan tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

Seorang teman saya yang memiliki masalah dengan wasir yang mengganggu di duburnya, sudah merasakan manfaatnya. Istrinya selalu menyediakan agar-agar untuk dimakan setiap pagi. Hasilnya setelah beberapa tahun dia tidak ada lagi masalah dengan wasir.

loading...

Rasakan manfaat agar-agar mulai dari sekarang, dan rasakan pula hidup yang jauh lebih sehat dari biasanya.

Baca juga:
– Yuk hidup sehat dengan makan ikan
– Cara gampang menurunkan kolesterol anda

God bless you, God bless Indonesia
@shtobing

Add a Comment