Lindungi Customer Service! (Surat Terbuka)

Kepada para pengusaha maupun pengelola perusahaan besar, terutama bagi anda yang memiliki team Customer Service. Team yang anda persiapkan untuk melayani customer, baik dari pengenalan layanan, transaksi penjualan hingga layanan keluhan pelanggan.

Perlindungan Terhadap Team Customer Service

Team Customer Service adalah semua yang berhadapan langsung dengan pelanggan, maupun team Customer Service yang melayani via telepon atau Call Center.

Bersama ini saya mengingatkan anda, bahwa sebagai pemilik maupun management yang mewakili pemilik perusahaan, anda wajib melindungi team Customer Service di perusahaan anda.

Surat Terbuka Untuk Pengusaha dan Management Perusahaan
Lindungi Customer Service anda!

Terutama pada Customer Service yang melayani keluhan pelanggan.

Karena pelanggan yang mengajukan keluhan pasti sedang dalam masalah, sehingga mereka setiap saat bisa marah, dan mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang menyakitkan hati.

loading...

Anda, para pengusaha atau management, harus sadar bahwa Customer Service anda adalah manusia, yang bisa merasa takut dan marah.

Sebagaimana anda juga, para Customer Service juga memiliki jiwa, yang bisa tergoncang karena perkataan kasar.

Mental mereka bisa tertekan dan mengalami gangguan kejiwaan akibat rasa kesal yang disemburkan oleh pelanggan yang kecewa.

Semakin besar jumlah pelanggan anda, maka semakin sering para Customer Service mengalami tekanan pelanggan yang tidak puas.

Anda, para pengusaha dan management perusahaan, harus menyadarinya, oleh karena itu anda wajib melindungi mereka.

Gaji/Penghasilan Rendah

Bukan rahasia lagi bahwa gaji team Customer Service adalah termasuk yang terendah di sebuah perusahaan.

loading...

Hampir semua karyawan Customer Service statusnya kontrak, yang setiap saat kontraknya bisa tidak diperpanjang sesuai kebutuhan perusahaan.

Sehingga tidak aneh team Customer Service pasrah saja atas keluhan dan kekesalan pelanggan, mereka mencoba tersenyum walau hati mereka, sebagai manusia, menangis.

Tapi mereka tidak kuasa karena mereka membutuhkan pekerjaan itu.

Padahal para Customer Service menjadi wajah dari perusahaan anda. Maka semua Customer Service yang berhadapan langsung dengan pelanggan, anda mendandani mereka agar terlihat cantik dan gagah.

Akan tetapi seringkali anda mengabaikan mereka, sehingga keluhan pelanggan yang tidak segera anda selesaikan, menjadi caci-maki dan bentakan-bentakan yang harus diterima Customer Service.

Sementara mereka yang menjadi wajah perusahaan anda, pejuang di garis depan, anda gaji rendah.

Sebaiknya anda mulai melihat dari sisi kemanusiaan anda, apakah hal tersebut wajar atau tidak.

Cara Berikut Tidak Cukup Melindungi Customer Service

Melindungi para Customer Service tidak cukup dengan hanya menyediakan Satuan Pengamanan, sehingga apabila terjadi upaya kekerasan mereka dapat mencegahnya.

Satpam, Security, tidak cukup melindungi Customer Service, karena sangat kecil kemungkinan pelanggan melakukan kekerasan fisik di kantor anda.

Pelanggan akan melakukan kekerasan non fisik, ucapan kasar, pelototan mata, gemeretak gigi, pandangan sinis dan melecehkan, termasuk mendekatkan wajah kepada si Customer Service, dan berbagai sikap negatif lainnya.

loading...
Komplain Pelanggansangat menyakitkan
loading...

Sikap dan tindakan negatif yang pasti akan menjadi racun bagi pikiran, perasaan bahkan jiwa Customer Service anda.

Pelatihan khusus agar para Customer Service tahan banting, juga tidak cukup. Karena ungkapan kekesalan pelanggan sangat bervariasi, sehingga bisa jadi tidak terantisipasi pada saat training.

Dan karena tidak terantisipasi, maka respon bagaimana menyikapi baru didiskusikan belakangan, setelah terjadi, after the fact!

Sementara pikiran, perasaan dan hati kecil sang Customer Service sudah terluka, tentu lukanya tidak terlihat mata, akan tetapi pasti terbawa terus hingga dia pulang ke rumah.

Sebagian besar dari anda, para pengusaha dan managament, pasti tidak pernah menjadi Customer Service.

Mungkin anda pernah mengikuti pelatihan dan melakukan observasi, akan tetapi dengan waktu yang pendek, maka anda tidak akan bisa merasakan neraka yang sesungguhnya dari kehidupan seorang Customer Service.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next ยป

Add a Comment