Suka Ngeles? Be a Gentleman Please!

Hallo semua pembaca, apakah anda suka berkelit? atau suka “ngeles” kata anak-anak sekarang. Coba jawab dengan jujur, kalau ya maka ayo segera rubah tingkah anda itu, dengan berkata apa adanya, kalau salah segera minta maaf, perbaiki kesalahan serta jangan ulangi lagi, jadi gentleman sejati, gampang kan?

Jadilah gentleman sejati
Tidak perlu sampai orang mengepalkan tangan
baru anda mengakui kesalahan!

Mungkin saat berkelit (atau ngeles) anda merasa selamat. Selamat dari apa?

Biasanya sih selamat dari rasa malu! Nah kalau kita lanjutkan pertanyaan: malu terhadap apa?

Jawabannya adalah ‘malu dilihat orang bahwa kita melakukan kesalahan’. Kalau seperti itu yang terjadi pada anda, hanya karena gengsi dibilang salah, lalu anda berkelit, dan biasanya berkelit itu dilakukan dengan kebohongan atau paling tidak informasi yang mengada-ada. Nah supaya tidak disebut sebagai pengecut, tetapi disebut gentleman, maka segera hentikan saat ini juga.

loading...

Kalau sulit menghentikannya segera, mungkin karena selama ini anda sudah merasa nyaman dengan berbagai silat lidah dan gaya berkelit anda (atau merasa selamat? :)), maka mulai hentikan dengan pelan-pelan. Pelan-pelan saja, secara bertahap.

Salah satu caranya adalah, mulai mengatakan ke diri sendiri (mengidentifikasi diri sendiri) bahwa anda orang jujur! Terus katakan bahwa anda adalah orang jujur, sehingga karena salah satu ciri gentleman adalah tidak mau berkelit (ngeles) maka langkah selanjutnya, berkata apa adanya dan memperbaikinya segera akan sangt mudah anda lakukan! Ya, sangat mudah!

Jadilah gentleman sejati
loading...

Selanjutnya untuk memberi semangat anda merubah diri, dan menjadi gentleman sejati, rasakan bagaimana bangganya anda ketika mampu berkata apa adanya, minta maaf atas kesalahan dan segera memperbaikinya.

Nah anda harus bangga ketika anda tidak berkelit apalagi disertai ucapan bohong (atau sumpah). Percayalah bahwa dengan tingkah laku baru anda orang akan respek pada anda, dan seringkali yang muncul adalah ucapan: itu baru gentleman! Ya orang-orang akan mengatakan anda GENTLEMAN! Senangkan diakui sebagai gentleman?

loading...

Apalagi kalau anda seorang pejabat, dengan bersikap gentleman maka setiap orang akan melihat anda sebagai seorang panutan. Kalau tidak, dan anda terus suka berkelit (ngeles), jangan terkejut atau marah kalau anda akan disebut sebagai PECUNDANG!

Ayo para pembaca mari kita segera berubah, dari yang suka berkelit menjadi seorang Gentleman, mudah kok, hanya tinggal: akui kesalahan anda (jangan malu karena semua orang bisa salah apalagi hanya salah omong), perbaiki kesalahan yang terjadi dan jangan ulangi.

Ayo kamu bisa!!
GBU
@shtobing

Add a Comment