Renungan Firman TUHAN Berdasar Leksionari 25 Jan 2021

Firman TUHAN tanggal 25 Januari 2021 berdasarkan “Revised Common Lectionary Sundays and Special Days Calendar” (Leksionari) terambil dari Kejadian 12:1-9 dan 1 Korintus 7:17-24 

Renungan

Berkat TUHAN Untuk Setiap Orang Percaya

Alkitab Firman TUHAN

Beberapa tahun lalu seorang teman pernah membahas bagaimana orang-orang yang suka menghina, memfitnah bahkan mengutuki umat TUHAN, malah menderita sendiri. Mereka orang-orang yang tidak menyukai dan memusuhi umat TUHAN hidupnya tidak pernah tenang, karena umat percaya yang berpegang pada firman TUHAN, sebagaimana Abraham, adalah umat yang diberkati TUHAN dan dilindungi dengan sebagaimana firman TUHAN kepada Abraham (Kejadian 12:3).

Seorang yang difitnah dengan keji atas sesuatu yang tidak diperbuatnya, namun kata-katanya dipelintir dan putar balikan sedemikian rupa, sehingga dia dipenjara, pernah mengatakan “Gusti ora sareh” atau Tuhan itu tidak tidur, dan IA melihat semua perbuatan para pemfitnah itu dan pasti akan datang hukuman buat mereka.

Pernyataan itu terus terekam di setiap hati dan pikiran orang-orang baik yang merasakan ketidak adilan, dan TUHAN mendengarnya. Kita yang mengikuti peristiwa tersebut pasti menyaksikan bagaimana satu persatu para pemfitnah itu jatuh, terpuruk dan bahkan ada yang memperoleh hukuman penjara.

loading...

Kalau membandingkannya dengan firman TUHAN yang menyatakan IA akan mengutuki setiap orang yang mengutuki umatNya, maka sebenarnya hukuman yang diterima oleh para pemfitnah itu masih sangat ringan. Namun saya yakin Tuhan memiliki rencana yang luar biasa, dan kemungkinan TUHAN masih memberikan kesempatan kepada para pemfitnah yang memusuhi kebenaran itu, untuk insaf dan meninggalkan sifat keji mereka selama ini.

Untuk setiap orang yang memberkati umat pilihan TUHAN mereka akan diberkati, itu penegasan Tuhan yang dinyatakanNya kepada Abraham. Oleh karena itu apabila kita ingin memperoleh berkat Tuhan, dan hidup kita tenang dalam pemeliharaanNya, maka jangan ragu-ragu untuk menghormati setiap umat pilihan Tuhan dan memberkati mereka. Karena dengan cara itu kita pasti akan diberkati TUHAN.

Ketika Abraham dipanggil dan diberkati TUHAN ia pun ditugaskan untuk menjadi berkat bagi setiap orang percaya, bahkan keturunannya akan membuat orang-orang menerima berkat TUHAN. Suatu berkat yang luar biasa dan itu telah kita peroleh sebagaimana yang TUHAN berikan kepada Abraham.

Oleh karena itu dalam kita menjalankan kehidupan kita di dunia ini, apapun tugas dan profesi kita, jangan pernah ragu sedikitpun untuk setia melakukan firman TUHAN. Walaupun banyak orang-orang keji dan tukang fitnah yang membenci kita. Walaupaun atasan anda, sebagaimana banyak penguasa-penguasa yang ingin menjatuhkan kita, karena semua perbuatan benar kita, sesuai firman TUHAN yang kita lakukan. Tetaplah teguh menjalankan perintahNya, karena setiap orang yang memusuhi umat pilihan TUHAN pasti akan dihukum oleh Tuhan sendiri.

loading...

Tetaplah hidup sebagaimana yang sudah ditentukan Tuhan sejak kita dipilihNya, itu yang ditegaskan Paulus kepada jemaat di Korintus (1 Korintus 7:17). Kuatkan hati dan pikiran kita sehingga iman kita semakin kuat dan selalu yakin bahwa TUHAN akan melindungi sepanjang hidup kita, dan akan menerima kita di kemuliaanNya kelak.

Mungkin kita akan dibentak-bentak, diancam, diludahi. Mungkin tubuh kita akan dipenjara dan segala fitnah dilontarkan agar orang-orang menjauhi kita semua. Tapi percayalah, TUHAN akan segera menghukum  mereka dan menyelamatkan kita dan seluruh keluarga kita yang percaya.

Sebagai keluarga dari umat pilihan Tuhan, dan percaya atas begitu besar pengasihan TUHAN kepada umat pilihanNya, maka kitapun akan diselamatkan. Oleh karena itu teruslah mendukung dalam doa dan dengan tenaga serta dana apabila memungkinkan, agar keluarga kita yang dipilih Tuhan menjadi hamba-hamba Tuhan dapat tetap teguh menjalankan tugasnya.

Dengan cara seperti itu, maka sesuai dengan janji Tuhan, kitapun akan memperoleh berkat Tuhan sebagaimana berkat yang diterima hamba Tuhan itu. Bahkan bukan hanya kita saja, keluarga kitapun akan memperoleh berkat TUHAN dan pastinya akan memperoleh damai sejahtera dalam setiap langkah hidup kita di dunia.

Agar hamba Tuhan dan setiap umat piliha Tuhan semakin giat melayani Tuhan, menyampaikan kebenaran dan kabar sukacita, maka bersaksilah atas setiap perbuatan mereka kepada orang-orang di sekitar kita. Tunjukan bagaimana TUHAN bekerja melindungi, memelihara dan memberkati setiap orang yang berpegang teguh kepada firman TUHAN.

Kabar sukacaita dan kesaksian yang kita sampaikan pasti akan membuat banyak orang terketuk hatinya dan melakukan hal-hal baik dan benar sebagaimana TUHAN perintahkan.

loading...

Mari kita berkati hamba-hamba TUHAN, niscaya kita akan menerima berkatNya. Itu janji Tuhan dan sudah terbukti sejak firman TUHAN itu disampaikan kepada Abraham.  

God bless you, God bless Indonesia.

Renungan firman TUHAN berdasarkan Leksionari lainnya

@shtobing

Kejadian 12:1-9

1 Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: “Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; 2 Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. 3 Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.”

4 Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya, dan Lotpun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran. 5 Abram membawa Sarai, isterinya, dan Lot, anak saudaranya, dan segala harta benda yang didapat mereka dan orang-orang yang diperoleh mereka di Haran; mereka berangkat ke tanah Kanaan, lalu sampai di situ.

loading...

6 Abram berjalan melalui negeri itu sampai ke suatu tempat dekat Sikhem, yakni pohon tarbantin di More. Waktu itu orang Kanaan diam di negeri itu. 7 Ketika itu TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: “Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu.” Maka didirikannya di situ mezbah bagi TUHAN yang telah menampakkan diri kepadanya.

8 Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN.

9 Sesudah itu Abram berangkat dan makin jauh ia berjalan ke Tanah Negeb. 10 Ketika kelaparan timbul di negeri itu, pergilah Abram ke Mesir untuk tinggal di situ sebagai orang asing, sebab hebat kelaparan di negeri itu.

11 Pada waktu ia akan masuk ke Mesir, berkatalah ia kepada Sarai, isterinya: “Memang aku tahu, bahwa engkau adalah seorang perempuan yang cantik parasnya. 12 Apabila orang Mesir melihat engkau, mereka akan berkata: Itu isterinya. Jadi mereka akan membunuh aku dan membiarkan engkau hidup.

loading...

1 Korintus 7:17-24

17 Selanjutnya hendaklah tiap-tiap orang tetap hidup seperti yang telah ditentukan Tuhan baginya dan dalam keadaan seperti waktu ia dipanggil Allah. Inilah ketetapan yang kuberikan kepada semua jemaat.

18 Kalau seorang dipanggil dalam keadaan bersunat, janganlah ia berusaha meniadakan tanda-tanda sunat itu. Dan kalau seorang dipanggil dalam keadaan tidak bersunat, janganlah ia mau bersunat. 19 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah. 20 Baiklah tiap-tiap orang tinggal dalam keadaan, seperti waktu ia dipanggil Allah.

21 Adakah engkau hamba waktu engkau dipanggil? Itu tidak apa-apa! Tetapi jikalau engkau mendapat kesempatan untuk dibebaskan, pergunakanlah kesempatan itu. 22 Sebab seorang hamba yang dipanggil oleh Tuhan dalam pelayanan-Nya, adalah orang bebas, milik Tuhan. Demikian pula orang bebas yang dipanggil Kristus, adalah hamba-Nya.

23 Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia. 24 Saudara-saudara, hendaklah tiap-tiap orang tinggal di hadapan Allah dalam keadaan seperti pada waktu ia dipanggil

Add a Comment