Renungan Firman TUHAN Berdasar Leksionari 23 Jan 2021

Firman TUHAN tanggal 23 Jan 2021 berdasarkan “Revised Common Lectionary Sundays and Special Days Calendar” (Leksionari) terambil Yeremia 20:14-18 dan Lukas 10:13-16

Renungan

Anda Menolak Tuhan?

Tuhan Yesus Kristus

Dalam sebuah pelatihan kepemimpinan, salah satu yang harus dipelajari oleh seorang pemimpin adalah mengetahui apakah anak buahnya menolak dia atau tidak, dan selanjutnya siapa saja anak buah yang menolaknya. Sehingga sang pemimpin dapat membuat rencana dan tindakan khusus agar ia diterima oleh seluruh anak buahnya.

Penolakan bukan berarti anak buahnya mengusir dia dan tidak mau dipimpin, karena tidak mungkin seorang anak buah menolak pemimpin yang ditunjuk oleh perusahaan. Kalau menolak secara terang-terangan seperti itu pasti sang anak buah langsung di pecat. Penolakan yang dimaksud dis ini adalah penolakan halus, dan mengakibatkan kinerja dan target bagian atau divisi yang ia pimpin tidak tercapai.

Tuhan Yesus tahu bahwa banyak sekali orang-orang yang menolakNya, walaupaun kesaksian Yohanes Pembaptis bahwa IA adalah Anak Allah, Firman Tuhan yang turun ke bumi. Bahkan sebenarnya banyak bangsa Yahudi, walau melakukan upacara-upacara agama dengan disiplin, mereka “menolak” TUHAN. Setiap upacara agama yang mereka lakukan hanya ritual saja, dan lebih parahnya lagi hanya agar dilihat orang dan tidak ditegor oleh para Imam.

loading...

Sehingga Tuhan Yesus menyampaikan langsung bahwa orang-orang di Tirus dan Sidon, di Fenisia, daerah yang berada di luar Israel pasti akan bertobat bila melihat kuasa TUHAN, tidak seperti orang-orang di Khorazim maupun Betsaida, di sekitar Danau Galilea, yang sudah melihat mujizat Tuhan Yesus dengan mata kepalanya sendiri namun tidak percaya dan bertobat (Lukas 10:13)

Mereka hanya senang melihat, mendengar dan memercakapkan saja, namun mereka tidak percaya dan bertobat mengikut Yesus dan menjalankan perintahNya. Jadi mereka sebenarnya meolak Tuhan Yesus dan Injil yang diberitakanNya.

Orang yang menolak TUHAN yang Maha Kuasa bahkan tak terkirakan kuasaNya itu, disebut oleh Yeremia sebagai orang yang bodoh dan tidak berpendidikan (Yeremia 20:14) dan mereka akan dibuang TUHAN (Yeremia 20:18).

Bagaimana dengan kita, apakah kita dengan segenap jiwa kita menerima TUHAN? Atau ternyata hanya supaya dilihat orang lain kita menerima TUHAN?

loading...

Kita mendengar firmanNya, kita mendengar perintahNya, dan kita melihat sendiri bagaimana karya dan kuasa TUHAN, namun kita tidak pernah menjalankan firmanNya dengan baik dan benar. Menjalankan firmanNya bukan berarti sekedar rajin ke gereja, atau berdoa puluhan kali dalam sehari, namun menerapkan dalam setiap langkah hidup kita.

Selalu mengaplikasikan perintahNya dalam setiap pikiran, rencana dan tindakan kita. Sehingga di setiap langkah kehidupan, kita hanya berpikir dan mengaplikasikan kasih TUHAN kepada sesama kita. Kita tidak membuat pertimbangan dan rencana yang merugikan orang lain. Namun kita membuat rencana dan pertimbangan untuk membuat orang-orang di sekitar kita dipenuhi sukacita dan rasa syukur karena merasakan kehadiran TUHAN dengan apa yang kita lakukan.

Apabila kita hanya kelihatan baik dan benar di mata manusia, namun sebenarnya kita “menolak” Tuhan yaitu  dengan tidak memperhatikan dan menjalankan firmanNya, itu berarti kita tidak mengenal Tuhan Yesus dengan baik. Apabila kita masih seperti itu saat ini, marilah kita segera berbenah diri, bersihkan hati dan pikiran kita dari berbagai rencana yang buruk. Pastikan pikiran dan tindakan kita menunjukan bahwa kita mengenal Tuhan Yesus dengan baik.

Tuhan Yesus mengatakan “Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku” (Lukas 10:16). Oleh karena itu bila kita mengenalNya dengan baik, kita tidak akan menolak Dia dan setiap utusanNya, karena kita tahu dan sadar bahwa Tuhan Yesus adalah TUHAN sendiri.

Mari kita perhatikan sikap hidup kita saat ini, begitu juga sikap hidup orang-orang yang kita kenal dengan baik, terutama sanak saudara dan orang-orang yang kita kasihi. Bersama-sama kita saling mengingatkan, bahwa kita tidak bisa hanya sekedar beribadah dan mendengarkan firman TUHAN, namun kita harus melakukannya dengan baik dan benar, dengan demikian kita tidak masuk dalam kategori orang yang menolak Tuhan.

Biasakanlah memikirkan dan melakukan hal tersebut setiap hari. Baca firman Tuhan di Alkitab dan carilah tulisan serta kesaksian-kesaksian orang percaya supaya kita semakin dikuatkan. Selanjutnya setiap pikiran dan tindakan kita pasti akan dibimbing oleh Roh Kudus sehingga secara otomatis mengarah kepada firman TUHAN dan menjalankannya tanpa kenal ragu.

loading...

Sampaikan berita sukacita ini kepada setiap orang di sekitar anda, agar semua orang sadar dan tidak salah melangkah. Agar setiap orang benar-benar menjalankan perintah TUHAN dan dan diselamatkan, karena tidak hanya sekedar make-up yang sifatnya hanya sementara, dan membuat mereka masuk dalam kategori “menolak” Tuhan.

God bless you, God bless Indonesia.

Renungan firman TUHAN berdasarkan Leksionari lainnya

@shtobing

Yeremia 20:14-18

14 Setiap manusia ternyata bodoh, tidak berpengetahuan, dan setiap pandai emas menjadi malu karena patung buatannya. Sebab patung tuangannya itu adalah tipu, tidak ada nyawa di dalamnya, 15 semuanya adalah kesia-siaan, pekerjaan yang menjadi buah ejekan, dan yang akan binasa pada waktu dihukum.

16 Tidaklah begitu Dia yang menjadi bagian Yakub, sebab Dialah yang membentuk segala-galanya, dan Israel adalah suku milik-Nya; nama-Nya ialah TUHAN semesta alam!

loading...

17 Angkutlah barang-barangmu dari negeri ini, hai orang-orang yang berada dalam pengepungan! 18 Sebab beginilah firman TUHAN: “Sesungguhnya, sekali ini Aku akan melemparkan penduduk negeri ini, dan Aku akan menyesakkan mereka, supaya mereka merasakannya.”

Lukas 10:13-16

13 “Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. 14 Akan tetapi pada waktu penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.

15 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati!

16 Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku.”

loading...

Add a Comment