Renungan Firman TUHAN Berdasar Leksionari 21 Jan 2021

Firman TUHAN tanggal 21 Jan 2021 berdasarkan “Revised Common Lectionary Sundays and Special Days Calendar” (Leksionari) terambil dari Yeremia 19:1-15 dan Wahyu 18:11-20

Renungan

Firman TUHAN itu Mudah Dilakukan

Alkitab Firman TUHAN

Adakah perintah TUHAN yang susah untuk kita lakukan? Apabila pertanyaan ini kita sampaikan ke Adam dan Hawa, jawabannya pasti sama dengan kita yaitu “tidak ada perintah Tuhan yang susah”. Ya, benar karena sebenarnya perintah TUHAN itu tidak aneh-aneh, sehingga sangat mudah untuk kita jalankan.

Tidak pernah TUHAN meminta kita mengorbankan anak kita, kecuali ketika meminta Abraham untuk mengorbankan Ishak, anak yang ditunggu-tunggnya hingga Sarah dan Abraham lanjut usia. Di sini Tuhan hanya ingin melihat iman Abraham.

Berbeda dengan penyembahan berhala seperti Baal misalnya, yang meminta setiap pengikutnya menyumbangkan nyawa anak mereka (Yeremia 19:5). Dan bila tidak dipenuhi maka mala petaka akan terjadi pada seluruh bangsa. Namun anehnya bangsa Israel senang menyembah ke baal, dan akibatnya mereka dihukum dengan sangat keras oleh TUHAN.

loading...

Tidak ada perintah TUHAN yang sulit untuk kita lakukan. Mari kita lihat baik-baik dari 10 perintah TUHAN yang disampaikan Tuhan melalui Musa kepada bangsa Israel, dari yang pertama hingga yang ke sepuluh semua sangat mudah sekali untuk dilakukan.

Begitu juga ketika Tuhan Yesus menyampaikan “rangkumannya” sepuluh perintah Tuhan yaitu “kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri”. Tidak ada yang susah, tapi sejak kecil saya sering mendengar orang-orang mengatakan “mustahil kita bisa melakukan semua perintah TUHAN”.

Setelah saya dewasa saya melihat bahwa sebenarnya perintah TUHAN itu tidak ada yang mustahil untuk kita lakukan, hanya keinginan daging kita dan dorongan hati dan pikiran kita yang terus “dibisikan” oleh si jahat, membuat kita sering melanggar perintah TUHAN itu.

Kebiasaan kita melanggar perintah TUHAN entah mengapa adiktif seperti nikotin rokok, atau yang lebih parah seperti candu dan narkoba. Orang pertama mencoba merokok sekali-kali, namun tidak perlu waktu lama orang tersebut bisa menjadi perokok berat dan membutuhkan minimal 1 bungkus rokok sehari.

loading...

Akibatnya setelah rokok tersebut merusak paru-paru, bahkan menimbulkan kanker, maka barulah si perokok menyesal. Tapi penyesalan memang selalu datang terlambat, dan masalah yang dia hadapi akan membuat masalah bagi keluarganya. Bahkan tidak jarang membuat keluarganya menderita karena jatuh miskin akibat biaya untuk mengobati kanker paru-paru yang sangat mahal.

Ada seorang perokok yang sudah ketagihan rokok sejak masa sekolah, dan ketika menikah ia berjanji kepada istrinya bahwa ia akan berhenti merokok. Namun untuk berhenti dia minta dibantu oleh istrinya, yaitu dengan mengingatkan dan menegornya bila sang istri memergokinya merokok. Sudah pasti orang seperti ini akan kembali menjadi orang ketagihan rokok, karena tiak mungkin istrinya bersama dengan dia untuk menginatkan dan melarangnya merokok.

Sikap tidak dewasa seperti itu, yaitu harus diingatkan dan ditegor dulu baru berhenti merokok, seringkali diharapkan orang-orang kepada TUHAN. Mereka mengharapkan TUHAN mengingatkan dan menegornya ketika baru saja melanggar perintah TUHAN, sehingga mereka tidak terima ketika sudah banyak berbuat dosa baru dihukum. Suatu sikap yang sangat kekanakan, dan sikap seperti itu tidak akan diperhatikan TUHAN, hukuman tetap datang, dan pasti sangat keras menghancurkan segala sesuatu yang kita miliki (Wahyu 18:14).

Perintah TUHAN sangat mudah, dan hadiahnya juga sangat luar biasa. Namun mengapa kita susah dengan tertib menjalankan perintahNya? Mengapa kita selalu mencari alasan untuk “diijinkan” melanggar perintah TUHAN? Mengapa kita abai pada perintahNya yang sangat mudah itu? Jawabnya adalah karena iman kita lemah sehingga sangat mudah tergoda untuk melakukan dosa.

Baca dan pelajari terus firman TUHAN di Alkitab, maka kita pasti dikuatkan TUHAN untuk menjadi hamba-hambaNya yang setia, bukan hanya setia menjalankan perintahNya, namun juga setia menjalankan misiNya, yaitu memberikan sukacita kepada seluruh umat manusia.

God bless you, God bless Indonesia.

loading...

Renungan firman TUHAN berdasarkan Leksionari lainnya

@shtobing

Yeremia 19:1-15

1 Beginilah pula firman TUHAN kepadaku: “Pergilah membeli buli-buli yang dibuat dari tanah, lalu ajaklah bersama-sama engkau beberapa orang tua-tua bangsa itu dan beberapa orang imam yang tertua, 2 kemudian berangkatlah ke Lembah Ben-Hinom yang di depan pintu gerbang Beling! Serukanlah di sana perkataan-perkataan yang akan Kusampaikan kepadamu!

3 Katakanlah: Dengarlah firman TUHAN, hai raja-raja Yehuda dan penduduk Yerusalem! Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan malapetaka kepada tempat ini, sehingga telinga orang yang mendengarnya, mendenging!

4 Sebab mereka telah meninggalkan Aku, telah memberikan tempat ini kepada allah asing dan telah membakar korban di sini kepada allah lain yang tidak dikenal oleh mereka sendiri dan oleh nenek moyang mereka dan oleh raja-raja Yehuda. Mereka telah membuat tempat ini penuh dengan darah orang-orang yang tidak bersalah.

5 Mereka telah mendirikan bukit-bukit pengorbanan bagi Baal untuk membakar anak-anak mereka sebagai korban bakaran kepada Baal, suatu hal yang tidak pernah Kuperintahkan atau Kukatakan dan yang tidak pernah timbul dalam hati-Ku.

loading...

6 Sebab itu, sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa tempat ini tidak akan disebut lagi: Tofet dan Lembah Ben-Hinom, melainkan Lembah Pembunuhan.

7 Aku akan menggagalkan rancangan Yehuda dan Yerusalem di tempat ini dan Aku akan membuat mereka rebah oleh pedang di depan musuh mereka dan oleh tangan orang-orang yang ingin mencabut nyawa mereka. Aku akan membiarkan mayat-mayat mereka dimakan oleh burung-burung di udara dan oleh binatang-binatang di bumi. 8 Aku akan membuat kota ini menjadi kengerian dan menjadi sasaran suitan. Setiap orang yang melewatinya akan merasa ngeri dan bersuit karena segala pukulan yang dideritanya.

9 Aku akan membuat mereka memakan daging anak-anaknya laki-laki dan daging anak-anaknya perempuan, dan setiap orang memakan daging temannya, dalam keadaan susah dan sulit yang ditimbulkan musuhnya kepada mereka dan oleh orang-orang yang ingin mencabut nyawa mereka.

10 Selanjutnya pecahkanlah buli-buli itu di depan mata orang-orang yang turut bersama-sama engkau. 11 Katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Demikianlah akan Kupecahkan bangsa ini dan kota ini, seperti orang memecahkan tembikar tukang periuk, sehingga tidak dapat diperbaiki lagi. Dan Tofet akan menjadi tempat penguburan, karena tidak ada tempat lain untuk menguburkan.

loading...

12 Begitulah akan Kulakukan kepada tempat ini, demikianlah firman TUHAN, dan kepada penduduknya. Aku akan membuat kota ini seperti Tofet: 13 rumah-rumah Yerusalem dan rumah-rumah para raja Yehuda akan menjadi najis seperti tempat Tofet, yakni segala rumah yang di atas sotohnya orang membakar korban kepada segala tentara langit dan mempersembahkan korban curahan kepada allah lain.”

14 Ketika Yeremia pulang dari Tofet, ke mana TUHAN telah mengutusnya untuk bernubuat, berdirilah ia di pelataran rumah TUHAN dan berkata kepada segenap orang banyak: 15 “Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan ke atas kota ini dan ke atas segala kota sekitarnya seluruh malapetaka yang telah Kukatakan akan menimpa mereka, sebab mereka berkeras kepala dan tidak mendengarkan perkataan-perkataanKu.

Wahyu 18:11-20

11 Dan pedagang-pedagang di bumi menangis dan berkabung karena dia, sebab tidak ada orang lagi yang membeli barang-barang mereka, 12 yaitu barang-barang dagangan dari emas dan perak, permata dan mutiara, dari lenan halus dan kain ungu, dari sutera dan kain kirmizi, pelbagai jenis barang dari kayu yang harum baunya, pelbagai jenis barang dari gading, pelbagai jenis barang dari kayu yang mahal, dari tembaga, besi dan pualam, 13 kulit manis dan rempah-rempah, wangi-wangian, mur dan kemenyan, anggur, minyak, tepung halus dan gandum, lembu sapi, domba, kuda dan kereta, budak dan bahkan nyawa manusia.

14 Dan mereka akan berkata: “Sudah lenyap buah-buahan yang diingini hatimu, dan segala yang mewah dan indah telah hilang dari padamu, dan tidak akan ditemukan lagi.”

15 Mereka yang memperdagangkan barang-barang itu, yang telah menjadi kaya oleh dia, akan berdiri jauh-jauh karena takut akan siksaannya, dan sambil menangis dan meratap, 16 mereka berkata: “Celaka, celaka, kota besar, yang berpakaian lenan halus, dan kain ungu dan kain kirmizi, dan yang dihiasi dengan emas, dan permata dan mutiara, sebab dalam satu jam saja kekayaan sebanyak itu sudah binasa.”

17 Dan setiap nakhoda dan pelayar dan anak-anak kapal dan semua orang yang mata pencahariannya di laut, berdiri jauh-jauh, 18 dan berseru, ketika mereka melihat asap api yang membakarnya, katanya: “Kota manakah yang sama dengan kota besar ini?”

19 Dan mereka menghamburkan debu ke atas kepala mereka dan berseru, sambil menangis dan meratap, katanya: “Celaka, celaka, kota besar, yang olehnya semua orang, yang mempunyai kapal di laut, telah menjadi kaya oleh barangnya yang mahal, sebab dalam satu jam saja ia sudah binasa.

20 Bersukacitalah atas dia, hai sorga, dan kamu, hai orang-orang kudus, rasul-rasul dan nabi-nabi, karena Allah telah menjatuhkan hukuman atas dia karena kamu.”

Add a Comment