Renungan Firman TUHAN Berdasar Leksionari 18 Jan 2021

Firman TUHAN tanggal 18 Jan 2021 berdasarkan “Revised Common Lectionary Sundays and Special Days Calendar” (Leksionari) terambil dari 1 Samuel 9:27-10:8 dan 2 Korintus 6:14-7:1

Renungan

Membebaskan Diri Dari Kungkungan Duniawi

Alkitab Firman Tuhan

Apakah anda pernah mendengar istilah “orang yang ada di luar toilet umum akan terganggu karena mencium bau tidak enak toilet, namun ketika ia sudah masuk ke dalam toilet, semua bau itu menjadi biasa dan tidak mengganggunya lagi”.

Itu adalah perumpamaan yang saya dengar pertama kali ketika saya masih mahasiswa. Maksud erumpamaan itu adalah “ketika orang masih di luar kelompok yang biasa melakukan korupsi, atau yang menganggap korupsi adalah biasa, orang tersebut pasti mencium korupsi sebagai perilaku yang busuk. Namun ketika ia masuk ke lingkungan tersebut, maka kenikmatan dari hasil korupsi, yang selama ini dia cium berbau busuk itu, akan membuat ia rasakan sangat harum dan menyenangkan.”

Bahkan kebusukan korupsi itu akan membuat ketagihan sebagaimana candu, bahkan akibatnya mereka rela melakukan apa saja yang jahat agar tetap mempertahankan kenikmatan korupsi. Siapa saja yang menghalangi atau membuat mereka kehilangan kenikmatakan korupsi pasti akan disikat habis.

loading...

Oleh karena itu Tuhan, melalui Paulus, menegaskan agar kita harus segera keluar dan memisahkan diri kita dari lingkungan yang buruk dan busuk seperti itu (2 Korinuts 6:17). Kenikmatan duniawi yang menajiskan dari hasil korupsi harus kita hentikan dan tinggalkan selamanya, sehingga kita menjadi bersih dan layak menjadi anakNya (2 Korintus 6:18).

Berhenti dari lingkungan koruptif atau kejahatan lainnya memang tidak mudah. Bukan hanya karena kenikmatan yang selama ini kita dapat menjadi hilang, namun juga kemarahan dari orang-orang yang selama ini korupsi bersama kita. Mereka curiga bahwa kita akan membongkar seluruh aib mereka, sehingga mereka nekat merancangkan dan melakukan kejahatan terhadap kita maupun terhadap semua orang yang kita kasihi.

Oleh karena itu memang lebih mudah sejak awal kita sudah menjauhi semua lingkungan yang jahat, atau koruptif itu. Jangan sedikitpun tergiur iming-iming dan kenikmatan yang ditawarkan mereka, tetap teguh dan tidak terlibat menjadi koruptor atau mafia kejahatan.

Walau kondisi ini juga tidak mudah, karena berbagai ancaman dan permusuhan dari para pelaku, namun kebersihan kita pasti akan membuat banyak orang baik yang membela kita.

loading...

Seandainyapun para orang baik itu tidak berani secara terang-terangan membela kita, pasti mereka terus mendoakan sesama orang baik agar selalu dikuatkan dan di dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Kita harus selalu meyakini dan menguatkan iman kita bahwa tidak ada orang yang mampu mengalahkan Tuhan, dan yang lebih penting lagi adalah Tuhan selalu memelihara kita dan seluruh isi rumah kita memperoleh pengasihan Tuhan.

Sehingga apapun yang terjadi pada orang baik yang setia menjalankan perintahNya, Tuhan pasti selalu memelihara keluarga kita sebagai Bapa yang baik IA pasti tidak akan menelantarkan anak-anakNya.

Kebaikan dan kasih Tuhan serta segala rencanaNya sudah kita lihat sebagaimana Saul melihatnya sendiri (1 Samuel 10:1), tinggal kita yang harus setia memelihara kepercayaan yang diberikan itu dengan aksi nyata. Tunjukan dengan sikap yang baik dan setia menjalankan semua perintahNya dan bersaksi untuk menyampaikan kabar sukacita kepada seluruh umat manusia.

Dengan menjadi saksi nyata yang menjauhi perbuatan najis, maka setiap orang akan melihat bahwa kita adalah saksi hidup yang melakukan firman TUHAN dengan benar. Bukan sekedar orang yang pandai berbicara dan menghimbau orang lain.

Mari kita bersama-sama dengan setiap orang percaya, terus memelihara kebersihan hati dan pikiran kita, kesucian hidup kita sehingga dimampukan Tuhan menjauhi perbuatan najis.

loading...

Baca dan renungkan firman TUHAN di Alkitab, niscaya hikmat Tuhan akan membuat kita berani melakukan perubahan besar apabila kita masih berada di tempat kotor.

Lalu sampaikan kabar sukacita keteguhan dan kemenangan iman kita kepada setiap orang, agar mereka menjadi semakin kuat, percaya dan berani melakukan hal yang benar walau sangat banyak ancaman dan permusuhan dari si jahat.

God bless you, God bless Indonesia.

Renungan firman TUHAN berdasarkan Leksionari lainnya

@shtobing

1 Samuel 9:27-10:8

9:27 Ketika mereka turun sampai ke ujung kota, berkatalah Samuel kepada Saul: “Katakanlah kepada bujang itu, supaya ia pergi mendahului kita, tetapi berhentilah engkau sebentar, maka aku akan memberitahukan kepadamu firman Allah.”

loading...

10:1 Lalu Samuel mengambil buli-buli berisi minyak, dituangnyalah ke atas kepala Saul, diciumnyalah dia sambil berkata: “Bukankah TUHAN telah mengurapi engkau menjadi raja atas umat-Nya Israel? Engkau akan memegang tampuk pemerintahan atas umat TUHAN, dan engkau akan menyelamatkannya dari tangan musuh-musuh di sekitarnya. Inilah tandanya bagimu, bahwa TUHAN telah mengurapi engkau menjadi raja atas milik-Nya sendiri:

2 Apabila engkau pada hari ini pergi meninggalkan aku, maka engkau akan bertemu dengan dua orang laki-laki di dekat kubur Rahel, di daerah Benyamin, di Zelzah. Mereka akan berkata kepadamu: Keledai-keledai yang engkau cari itu telah diketemukan; dan ayahmu tidak memikirkan keledai-keledai itu lagi, tetapi ia kuatir mengenai kamu, katanya: Apakah yang akan kuperbuat untuk anakku itu?

3 Dari sana engkau akan berjalan terus lagi dan sampai ke pohon tarbantin Tabor, maka di sana engkau akan ditemui oleh tiga orang laki-laki yang naik menghadap Allah di Betel; seorang membawa tiga ekor anak kambing, seorang membawa tiga ketul roti dan yang lain lagi sebuyung anggur.

4 Mereka akan memberi salam kepadamu dan memberikan kepadamu dua ketul roti yang akan kauterima dari mereka.

loading...

5 Sesudah itu engkau akan sampai ke Gibea Allah, tempat kedudukan pasukan orang Filistin. Dan apabila engkau masuk kota, engkau akan berjumpa di sana dengan serombongan nabi, yang turun dari bukit pengorbanan dengan gambus, rebana, suling dan kecapi di depan mereka; mereka sendiri akan kepenuhan seperti nabi.

6 Maka Roh TUHAN akan berkuasa atasmu; engkau akan kepenuhan bersama-sama dengan mereka dan berubah menjadi manusia lain. 7 Apabila tanda-tanda ini terjadi kepadamu, lakukanlah apa saja yang didapat oleh tanganmu, sebab Allah menyertai engkau.

8 Engkau harus pergi ke Gilgal mendahului aku, dan camkanlah, aku akan datang kepadamu untuk mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan. Engkau harus menunggu tujuh hari lamanya, sampai aku datang kepadamu dan memberitahukan kepadamu apa yang harus kaulakukan.”

2 Korintus 6:14-7:1

14 Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap? 15 Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?

16 Apakah hubungan bait Allah dengan berhala? Karena kita adalah bait dari Allah yang hidup menurut firman Allah ini: “Aku akan diam bersama-sama dengan mereka dan hidup di tengah-tengah mereka, dan Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku.

17 Sebab itu: Keluarlah kamu dari antara mereka, dan pisahkanlah dirimu dari mereka, firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu. 18 Dan Aku akan menjadi Bapamu, dan kamu akan menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan anak-anak-Ku perempuan demikianlah firman Tuhan, Yang Mahakuasa.”

7:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

Add a Comment