Renungan Firman TUHAN Berdasar Leksionari 18 Feb 2021

Firman TUHAN tanggal 17 Februari 2021 berdasarkan “Revised Common Lectionary Sundays and Special Days Calendar” (Leksionari) terambil dari Daniel 9:1-14 dan 1 Yohanes 1:3-10

Renungan

Dengar dan Perhatikan Hamba Tuhan

Alkitab Firman Tuhan

Yohanes 1: 7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya. 8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.

Daniel 9: 6 dan kami tidak taat kepada hamba-hamba-Mu, para nabi, yang telah berbicara atas nama-Mu kepada raja-raja kami, kepada pemimpin-pemimpin kami, kepada bapa-bapa kami dan kepada segenap rakyat negeri.

Telinga manusia ada 2, namun rongga keduanya tidak berhubungan, sehingga segala suara yang masuk dari telinga kiri tidak akan keluar tembus ke telinga kanan, begitu juga suara yang masuk dari telinga kanan.

loading...

Telinga walaupun ada di samping tapi mampu mendengar suara dari berbagai arah, depan, belakang, atas dan bahkan dari bawah. Berbeda dengan mata yang sama-sama ada 2 namun keduanya ada di depan (wajah), dimana dengan kedua mata kita hanya dapat melihat ke satu arah, sehingga kita menjadi focus kepada objek di arah yang kita lihat.

Dengan mata dan telinga umat manusia sudah melihat dan mendengar ajaran-ajaran dari hamba Tuhan, dari orang-orang yang diutusnya sebagai Nabi, Rasul hingga Penginjil, Pendeta dan para Penatua.

Namun sangat banyak manusia yang matanya memandang tapi “tidak melihat”, dan memiliki telinga yang sehat  tapi “tidak mendengar”. Sehingga sejarah kehidupan manusia penuh dengan jatuh bangun, karena mengabaikan bahkan meninggalkan jalan Tuhan yang disampaikan melalui hamba-hambaNya.

Bahkan akibat tidak melihat dan mendengar dengan baik, maka ketika Terang IA kirimkan ke dunia ini, sangat banyak orang yang tidak mengenalNya.

loading...

Bahkan walaupun Terang itu tidak datang begitu saja, dan sudah diberitakan oleh para nabi hingga Yohanes pembaptis (Yohanes 1: 7-8), namun masih saja orang abai untuk melihat dan memperhatikan Terang itu. 

Sikap abai tersebut membuat banyak manusia tidak mengenal Tuhan Yesus. Banyak pula yang sudah mengetahuinya namun tidak perduli dan tidak ingin mengenalNya lebih jauh lagi.

Akibatnya ketika badai kehidupan mendera, mereka tidak tahu akan berpegang kepada siapa, dan alih-alih segera berpaling dan mencari Tuhan sebagai pegangan, mereka malah mencari manusia sebagai tempat berlindung yang membuat mereka semakin terpuruk, karena manusia tempat mereka berlindung malah menghancurkan segala-galanya.

Keterpurukan bangsa Yahudi dan Israel pada umumnya, sudah terjadi berkali-kali. Dan semua itu karena mereka meninggalkan jalan Tuhan. Mereka mencari jalan sendiri dan semakin jauh menyimpang dan baru menyadarinya setelah mereka dihukum.

Tuhan tidak pernah membiarkan ketika langkah manusia mulai menyimpang dari jalanNya, IA selalu mengutus hamba-hambaNya untuk mengingatkan. Namun karena sifat tegar tengkuk dari manusia itulah, maka mereka tidak mendengar, bahkan malah makin menjauh dari hamba-hamba Tuhan yang mengingatkan mereka (Daniel 9:6).

Bagaimana dengan kita, apakah kita masih berjalan di jalanNya dengan benar? Apakah kita selalu mendengar dan memperhatikan apa yang disampaikan Tuhan melalui hamba-hambaNya? Apakah kita terus berpegang kepada Tuhan apapun yang terjadi?

loading...

Kalau tidak, segeralah kembali ke jalanNya. Berdoalah dan jangan ragu untuk menghubungi hamba-hamba Tuhan yang terdekat, mohon mereka turut mendoakan agar anda dikuatkan untuk kembali ke jalan yang benar.

Banyak ancaman dan bahaya ketika kita kembali ke jalan Tuhan, karena si jahat tidak senang apabila ada jiwa yang diselamatkanNya. Namun jangan takut dan percayalah, lihat dan dengarkan setiap kesaksian umat manusia yang telah diselamatkan dari pergumulan hidup mereka, niscaya anda juga akan dikuatkan dan kembali ke jalanNya.

Mungkin akan banyak orang yang menjauh dari anda, tapi jangan mundur karena mereka menjauhi anda.

Doakan mereka agar mata dan telinga mereka terbuka, melihat dan mendengar bahwa keselamatan hanya ada pada Tuhan yang telah datang ke dunia ini dan kita kenal sebagai Tuhan Yesus Kristus.

Ingatlah itu semua sehingga kita benar-benar menjadi orang yang diselamatkan dan layak disebut berbahagia.

God bless you, God bless Indonesia.

loading...

Renungan firman TUHAN berdasarkan Leksionari lainnya

@shtobing

Daniel 9:1-14

1 Pada tahun pertama pemerintahan Darius, anak Ahasyweros, dari keturunan orang Media, yang telah menjadi raja atas kerajaan orang Kasdim,

2 pada tahun pertama kerajaannya itu aku, Daniel, memperhatikan dalam kumpulan Kitab jumlah tahun yang menurut firman TUHAN kepada nabi Yeremia akan berlaku atas timbunan puing Yerusalem, yakni tujuh puluh tahun.

loading...

3 Lalu aku mengarahkan mukaku kepada Tuhan Allah untuk berdoa dan bermohon, sambil berpuasa dan mengenakan kain kabung serta abu.

4 Maka aku memohon kepada TUHAN, Allahku, dan mengaku dosaku, demikian: “Ah Tuhan, Allah yang maha besar dan dahsyat, yang memegang Perjanjian dan kasih setia terhadap mereka yang mengasihi Engkau serta berpegang pada perintah-Mu!

5 Kami telah berbuat dosa dan salah, kami telah berlaku fasik dan telah memberontak, kami telah menyimpang dari perintah dan peraturan-Mu,

6 dan kami tidak taat kepada hamba-hamba-Mu, para nabi, yang telah berbicara atas nama-Mu kepada raja-raja kami, kepada pemimpin-pemimpin kami, kepada bapa-bapa kami dan kepada segenap rakyat negeri.

7 Ya Tuhan, Engkaulah yang benar, tetapi patutlah kami malu seperti pada hari ini, kami orang-orang Yehuda, penduduk kota Yerusalem dan segenap orang Israel, mereka yang dekat dan mereka yang jauh, di segala negeri kemana Engkau telah membuang mereka oleh karena mereka berlaku murtad terhadap Engkau.

8 Ya TUHAN, kami, raja-raja kami, pemimpin-pemimpin kami dan bapa-bapa kami patutlah malu, sebab kami telah berbuat dosa terhadap Engkau.

9 Pada Tuhan, Allah kami, ada kesayangan dan keampunan, walaupun kami telah memberontak terhadap Dia,

10 dan tidak mendengarkan suara TUHAN, Allah kami, yang menyuruh kami hidup menurut hukum yang telah diberikan-Nya kepada kami dengan perantaraan para nabi, hamba-hamba-Nya.

11 Segenap orang Israel telah melanggar hukum-Mu dan menyimpang karena tidak mendengarkan suara-Mu. Sebab itu telah dicurahkan ke atas kami kutuk dan sumpah, yang tertulis dalam kitab Taurat Musa, hamba Allah itu, sebab kami telah berbuat dosa terhadap Dia.

12 Dan telah ditetapkan-Nya firman-Nya, yang diucapkan-Nya terhadap kami dan terhadap orang-orang yang telah memerintah kami, yakni bahwa akan didatangkan-Nya kepada kami malapetaka yang besar, yang belum pernah terjadi di bawah semesta langit, seperti di Yerusalem.

13 Seperti yang tertulis dalam kitab Taurat Musa, segala malapetaka ini telah menimpa kami, dan kami tidak memohon belas kasihan TUHAN, Allah kami, dengan berbalik dari segala kesalahan kami dan memperhatikan kebenaran yang dari pada-Mu.

14 Sebab itu TUHAN bersiap dengan malapetaka itu dan mendatangkannya kepada kami; karena TUHAN, Allah kami, adalah adil dalam segala perbuatan yang dilakukan-Nya, tetapi kami tidak mendengarkan suara-Nya.

1 Yohanes 1:3-10

3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes; 7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya.

8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.

9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.

10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.

Add a Comment