Renungan Firman TUHAN Berdasar Leksionari 12 Feb 2021

Firman TUHAN tanggal 12 Februari 2021 berdasarkan “Revised Common Lectionary Sundays and Special Days Calendar” (Leksionari) terambil dari 1 Raja-raja 14:1-18 dan 1 Timotius 1:12-20

Renungan

Integritas Menjalankan Perintah Tuhan

Alkitab Firman Tuhan
Integritas Panda

1 Timotius 1: 18 Tugas ini kuberikan kepadamu, Timotius anakku, sesuai dengan apa yang telah dinubuatkan tentang dirimu, supaya dikuatkan oleh nubuat itu engkau memperjuangkan perjuangan yang baik dengan iman dan hati nurani yang murni.

1 Raja-Raja 14: 7 Pergilah, katakan kepada Yerobeam: Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Aku telah meninggikan engkau dari tengah-tengah bangsa itu, dan mengangkat engkau menjadi raja atas umat-Ku Israel; 8 Aku telah mengoyakkan kerajaan dari keluarga Daud dan memberikannya kepadamu, tetapi engkau tidak seperti hamba-Ku Daud yang tetap mentaati segala perintah-Ku dan mengikuti Aku dengan segenap hatinya dan hanya melakukan apa yang benar di mata-Ku.

Dalam sesi wawancara penerimaan karyawan baru, salah satu yang kami gali adalah bagaimana idealisme sang calon karyawan, dan bagaimana upaya dia mengaplikasikannya bahkan mempertahankan agar idealismenya tidak luntur.

loading...

Hasilnya adalah untuk calon karyawan yang masih fresh graduate, umumnya idealismenya masih murni apa adanya sebagaimana orang yang belum terpapar dengan godaan-godaan materialistic, dan memberi kesan integritas yang sangat baik.

Bahkan ketika kami challenge apa yang akan dia lakukan bila ada bujuk rayu, bahkan tekanan atau ancaman yang mengajak merekea melanggar integritas, mereka dengan gagahnya mengatakan akan meninggalkan perusahaan itu. Lebih baik mengganggur katanya daripada merusak integritas.

Hasil interview tersebut tidak langsung membuat kami percaya, karena pengalaman kami pada saat interview calon karyawan pasti mengatakan yang hebat dan muluk-muluk. Sangat banyak orang yang ketika diinterview luar biasa pemikiran dan pendapatnya, namun ketika sudah diterima bekerja mereka berbeda 180 derajat.

Ada juga yang di awal kerjanya menunjukan integritas yang sangat baik, namun ketika sudah beberapa tahun bekerja, dan mengejar jabatan atau harta, mereka jatuh dan mengabaikan idealism mereka untuk mempertahankan integritas. Mereka tidak tahan dengan gempuran politik d tempat kerja, sehingga demi mempertahankan jabatannya dan memperoleh penghasilan yang lebih, mereka menurut pada bujuk rayu dan tekanan dari atasan maupun rekan kerjanya untuk melanggar integritas, bahkan menghancurkannya.

loading...

Paulus mengingatkan Timotius agar selalu menjadi hamba Tuhan yang sesuai dengan apa yang diharapkan Tuhan, dan melanjutkan kerja Paulus dengan sebaik-baiknya (1 Timotius 1:18). Timotius yang masih muda itu berhasil menjalankannya dengan baik. Ia adalah salah satu murid Paulus dan pengikut Yesus yang memiliki integritas yang tinggi, sehingga mampu menyebarkan berita sukacita kepada siapa saja dengan baik.

Orang dengan integritas yang rusak tidak akan dapat menjalankan perannya menyampaikan kabar sukacita kepada seluruh umat manusia. Karena setiap orang yang dijumpainya akan menilai “siapa dia”, apa yang dilakukannya dan bagaimana kehidupannya sehari-hari. Orang yang tidak memiliki integritas yang baik pasti akan dilihat kasat mata oleh orang lain.

Tanpa integritas yang baik kita tidak dapat menunjukan kerajaan sorga kepada orang-orang di sekitar kita. Tanpa integritas yang baik, kitapun tidak berani menuliskan kabar sukacita kepada setiap orang, karena bila dibaca oleh orang yang mengetahui seperti apa diri kita, langsung tulisan kita akan di cemooh, dan dibuang selayaknya sampah.

Orang yang dipilih Tuhan dan kehilangan integritasnya sehingga menyimpan jauh dari jalan yang Tuhan arahkan, pasti akan dihukum Tuhan. Jalan yang diarahkan adalah cara kita menjadi perantaraNya untuk menyampaikan kabar baik dan keselamatan, oleh karena itu kita harus berjalan dengan benar selama hidup di dunia ini dan bertugas seperti apa yang Tuhan kehendaki.

Penyimpangan akan membuat kita semakin jauh dari jalan Tuhan, dan tinggal menungg waktu hukuman dariNya sebagaimana yang dilakukan Yerobeam. Berkat dan kepercayaan yang luar biasa dari Tuhan ia abaikan, bahkan sebenarnya ia rusak sedemikian rupa sehingga Tuhan murka dan menghukum Yerobeam,

Bahkan bukan hanya Yerobeam saja, namun semua keluarganya, karena mereka juga menikmati berkat Tuhan yang diperoleh Yerobeam namun tidak berjalan di jalanNya (1 Raja-Raja 14:7-8).

loading...

Bagaimana dengan kita? Apakah kita adalah Timotius atau kita adalah Yerobeam? Segera periksa siapa kita sebenarnya, dan tinggalkan segala sesuatu yang menyesatkan kita. Apabila kita sempat melakukan penyimpangan dan mengabaikan integritas kita, segera menyesal dan minta ampun pada Tuhan, kembalilah ke jalan yang benar. Lakukan sekarang juga sebelum semuanya terlambat.

God bless you, God bless Indonesia.

Renungan firman TUHAN berdasarkan Leksionari lainnya

@shtobing

1 Raja-raja 14:1-18

1 Pada waktu itu Abia, anak Yerobeam, jatuh sakit. 2 Lalu Yerobeam berkata kepada isterinya: “Berkemaslah! Menyamarlah, supaya jangan diketahui orang, bahwa engkau isteri Yerobeam, dan pergilah ke Silo. Bukankah di sana tinggal nabi Ahia! Dialah yang telah mengatakan tentang aku, bahwa aku akan menjadi raja atas bangsa ini.

3 Bawalah sepuluh roti, kue kismis, dan sebuli-buli air madu, dan pergilah kepadanya. Dia akan memberitahukan kepadamu, apa yang akan terjadi dengan anak ini.”

loading...

4 Isteri Yerobeam berbuat demikian. Ia berkemas, pergi ke Silo dan masuk ke rumah Ahia. Ahia tidak dapat melihat lagi, sebab matanya sudah kabur karena ia sudah tua.

5 Tetapi TUHAN telah berfirman kepada Ahia: “Bahwasanya isteri Yerobeam datang untuk menanyakan kepadamu perihal anaknya, sebab anak itu sedang sakit. Begini-begini harus kaukatakan kepadanya.” Ketika perempuan itu masuk, berbuatlah ia seolah-olah ia orang lain.

6 Tetapi segera sesudah Ahia mendengar bunyi langkah perempuan itu, sementara melangkah masuk pintu, berkatalah ia: “Masuklah, hai isteri Yerobeam! Mengapakah engkau berbuat seolah-olah engkau orang lain? Aku disuruh menyampaikan pesan yang keras kepadamu.

7 Pergilah, katakan kepada Yerobeam: Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Aku telah meninggikan engkau dari tengah-tengah bangsa itu, dan mengangkat engkau menjadi raja atas umat-Ku Israel;

loading...

8 Aku telah mengoyakkan kerajaan dari keluarga Daud dan memberikannya kepadamu, tetapi engkau tidak seperti hamba-Ku Daud yang tetap mentaati segala perintah-Ku dan mengikuti Aku dengan segenap hatinya dan hanya melakukan apa yang benar di mata-Ku.

9 Sebab engkau telah melakukan perbuatan jahat lebih dari semua orang yang mendahului engkau dan telah membuat bagimu allah lain dan patung-patung tuangan, sehingga engkau menimbulkan sakit hati-Ku, bahkan engkau telah membelakangi Aku.

10 Maka Aku akan mendatangkan malapetaka kepada keluarga Yerobeam. Aku akan melenyapkan dari pada Yerobeam setiap orang laki-laki, baik yang tinggi maupun yang rendah kedudukannya di Israel. Aku akan menyapu keluarga Yerobeam seperti orang menyapu tahi sampai habis.

11 Setiap orang dari pada Yerobeam yang mati di kota akan dimakan anjing dan yang mati di padang akan dimakan burung yang di udara. Sebab TUHAN telah mengatakannya.

12 Tetapi bangunlah dan pulang ke rumahmu. Pada saat kakimu melangkah masuk kota, anak itu akan mati.

13 Seluruh Israel akan meratapi dia dan menguburkan dia, sebab hanya dialah dari pada keluarga Yerobeam yang akan mendapat kubur, sebab di antara keluarga Yerobeam hanya padanyalah terdapat sesuatu yang baik di mata TUHAN, Allah Israel.

14 Dan TUHAN akan membangkitkan bagi-Nya seorang raja atas Israel yang akan melenyapkan keluarga Yerobeam — seperti kenyataan sekarang ini.

15 Kemudian TUHAN akan menghajar orang Israel, sehingga tergoyah-goyah seperti gelagah di air dan Ia akan menyentakkan mereka dari pada tanah yang baik ini yang telah diberikan-Nya kepada nenek moyang mereka; Ia akan menyerakkan mereka ke seberang sungai Efrat sana, oleh karena mereka telah membuat tiang-tiang berhala mereka dan dengan demikian menyakiti hati TUHAN.

16 Ia akan lepas tangan terhadap orang Israel oleh karena dosa-dosa yang telah dilakukan Yerobeam dan yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula.”

17 Sesudah itu bangkitlah isteri Yerobeam dan pergi, lalu sampailah ia ke Tirza. Pada saat ia masuk melangkahi ambang pintu rumah, matilah anak itu.18 Mereka menguburkannya, dan seluruh Israel meratapi dia sesuai dengan firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya, nabi Ahia.

1 Timotius 1:12-20

12 Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku –13 aku yang tadinya seorang penghujat dan seorang penganiaya dan seorang ganas, tetapi aku telah dikasihani-Nya, karena semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan yaitu di luar iman.

14 Malah kasih karunia Tuhan kita itu telah dikaruniakan dengan limpahnya kepadaku dengan iman dan kasih dalam Kristus Yesus.

15 Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: “Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa,” dan di antara mereka akulah yang paling berdosa.

16 Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal.

17 Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.

18 Tugas ini kuberikan kepadamu, Timotius anakku, sesuai dengan apa yang telah dinubuatkan tentang dirimu, supaya dikuatkan oleh nubuat itu engkau memperjuangkan perjuangan yang baik dengan iman dan hati nurani yang murni.

19 Beberapa orang telah menolak hati nuraninya yang murni itu, dan karena itu kandaslah iman mereka, 20 di antaranya Himeneus dan Aleksander, yang telah kuserahkan kepada Iblis, supaya jera mereka menghujat.

Add a Comment