Proud To Be an Auditor

And then GOD said: “Let there be sexy people”
so HE made Internal Auditor.
Design by tepublic.com

Hallo para pembaca sekalian, apakah anda pernah bercita-cita menjadi auditor?

Tidak Bercita-cita jadi Auditor

Mungkin hanya sebagian kecil saja dari anda yang sejak kecil bercita-cita menjadi seorang auditor, karena biasanya cita-cita kita adalah menjadi dokter, polisi, tentara, engineer atau mungkin menjadi presiden.

Begitu juga saya, setelah bekerja puluhan tahun, akhirnya saya ditunjuk untuk memimpin para auditor di perusahaan tempat saya bekerja.

Padahal saya tidak pernah memiliki dasar keahlian seorang auditor. Bahkan dibandingkan dengan beberapa orang team saya maka saya kalah dengan mereka yang memiliki sertifikasi auditor.

Auditor as Advisor

Tetapi karena pengalaman saya di hampir seluruh bidang di perusahaan tempat saya bekerja, maka pihak regulator meluluskan fit and proper test yang saya jalani, dan mengijinkan saya memimpin Interna Audit.

Design by tepublic.com
loading...

Saya sama sekali tidak mengalami kesulitan ketika mengarahkan para auditor menjalankan tugasnya. Karena pengalaman saya di operasional, maka saya dapat dengan mudah melihat berbagai risiko di perusahaan yang harus di kontrol dengan baik.

loading...

Sehingga pelaksanaan project audit dapat berjalan dengan baik dan para auditee dapat menerima berbagai rekomendasi yang kami terbitkan.

Hasilnya adalah salah satu fungsi auditor yang terus kami kembangkan, yaitu sebagai advisor, dapat kami develop dengan baik. Beberapa auditor saya memang masih yunior, tetapi saya yakin mereka dapat catch up ketertinggalan mereka.

Sample Dapat Menemukan Kelemahan Kontrol

Design by tepublic.com

Ada salah satu kelebihan auditor yang semakin saya rasakan, dan ketika kami diskusikan dengan team mereka juga setuju. Yaitu kami (tanpa berniat mencari-cari kesalahan auditee) selalu dapat menemukan kontrol yang lemah terhadap berbagai risiko.

Walaupun kami bekerja dengan menggunakan sample, tetap saja kami dapat menemukan kelemahan yang harus diperbaiki.

Bahkan terhadap kasus-kasus penyimpangan lainnya, dari metode yang cukup sederhana yaitu melakukan sampling, mempelajari dokumen, interview dan konfirmasi, kami seperti memperoleh petunjuk atau sepertinya ada yang menggerakan kami untuk mengeksplore lebih dalam pada beberapa sample.

Sekali lagi tanpa bertujuan mencari-cari kesalahan, bahkan kalau hasil interview dan konfirmasi, ternyata apa yang dilakukan oleh auditee sudah tepat untuk memitigiasi risiko, walaupun ada penyimpangan prosedur maka hal tersebut tidak kami jadikan temuan. Hanya kami sarankan korektif action, yaitu berupa eskalasi sesuai jenjang wewenang.

loading...

TUHAN Menciptakan Auditor

Design by tepublic.com

Kami sendiri terheran-heran atas petunjuk yang entah datangnya darimana. Sehingga dalam pikiran saya pernah terlintas bahwa kami, auditor, memang diciptakan oleh TUHAN untuk mengontrol risiko yang dihadapi perusahaan.

Ketika mendiskusikan hal tersebut, karena kami dalam suasana santai, maka menimbulkan gelak tawa seluruh auditor.

Sebenarnya hanya sampai di sana saja, tetapi ketika saya sedang iseng dan googling terkait auditor, saya menemukan beberapa desain dengan tulisan yang membuat saya bangga, dan setelah saya info ke para auditor, merekapun menjadi bangga juga.

Desain tersebut adalah berbagai gambar yang saya tampilkan di blog ini, dengan tulisan: And then GOD said: “Let there be sexy people” so HE made Internal Auditor

Anda seorang auditor? Please be proud as an auditor, I am proud too. Dan mungkin dengan membaca tulisan ini, akan semakin banyak anak-anak muda yang bercita-cita menjadi auditor.

God bless auditors, God bless Indonesia.

@shtobing

Add a Comment