Kerjanya: Potong dan Pelintir

Hallo yang ada di sana, tahu tukang potong? Ya pasti anda tahu, salah satunya yang paling sering kita temui adalah tukang potong ayam.

Nah kali ini saya mau membicarakan TUKANG POTONG BERITA, DATA DAN FAKTA yang biasanya suka mengolah sedemikian rupa sehingga ia pantasnya disebut sebagai TUKANG PELINTIR BERITA, DATA DAN FAKTA.

Saya pernah membaca status FB nya Afi Nihaya Faradisa tanggal 15 Mei 2018, yang menceritakan tentang orang yang suka memotong berita, data dan fakta kemudian memelintirnya.

Saya yakin anda pasti sering menemuinya di masa sekarang ini, masa-masa menjelang pemilihan presiden 2019. Masa yang demikian riuhnya, sehingga berita tentang pemilihan kepala daerah tahun ini seperti terlupakan. Pasti kegiatan potong dan plintir pasti akan menjadi salah satu andalan politikus busuk!

loading...

Saya ingin mengingatkan para pembaca sekalian, supaya saat anda membaca berita jangan langsung percaya, tapi selalu munculkan pertanyaan: apa benar, dimana, kapan, siapa dan mengapa?

Kalau anda ingin mendapat kejelasan, langsung cari sumber berita itu dan selidiki, mungkin anda hanya butuh waktu tidak lebih dari 15 menit.

Kalau anda tidak ingin menyelidiki, lebih baik lupakan dan yang penting jangan share ke siapapun, karena di luar sana banyak tukang potong dan plintir, yang pasti tujuan mereka adalah menyesatkan anda.

Pengalaman saya, korban berita pelintiran dan potongan tidak hanya orang yang pendidikan kurang, seorang dosen dengan gelar S3 pun dapat dengan mudah dikelabui kalau ia tidak mau kritis cek and ricek.

loading...

Baca: Ayo….Jadilah Cerdas, jangan percaya begitu saja!

Contoh informasi yang dipotong dan dipelintir:

  1. Temuan seperti cacing di ikan sarden ternyata bukan cacing, tetapi parasit cacing, dan itu tidak berbahaya, dan bisa dimakan (asal dimasak dulu). Berita dipotong dan dipelintir: Mentri menyarankan orang Indonesia makan cacing.
  2. Presiden menceritakan racun (bisa) kalajengking itu salah satu benda termahal di dunia, tetapi yang paling mahal adalah waktu, maka jangan sia-siakan waktu. Berita dipotong dan dipelintir: Presiden menyarankan rakyat Indonesia untuk berternak kalajengking.
  3. Informasi dari kepolisian beberapa rumah ibadah terpapar ajaran radikal. Berita dipotong dan dipelintir dimana disebutkan istilah Rumah Ibadah Radikal, mendengar istilah tersebut menuai protes dan kritik dari seorang tokoh.
  4. Sebuah mobil tidak berhasil menanjak di jalan dengan sudut 22 derajat, di sebuah jalan fungsional (karena jalan tolnya belum jadi), kemungkinan besar karena pengemudi yang kurang handal atau kendaraannya tidak siap. Berita dipotong/dipelintir: awas tanjakan maut hindari sebelum anda celaka.

Banyak lagi tulisan sejenis, akibatnya menimbulkan kebingungan.

Oleh karena itu seperti saran saya di atas, tidak perlu lanjutkan membaca berita (apalagi share) kalau anda tidak mau memeriksa kebenarannya.

Untuk memerikasa kebenaran berita, anda hanya perlu mencari fakta tidak lebih dair 15 menit, dan dengan cara itu anda tidak membiarkan si TUKANG PLINTIR dan TUKANG POTONG BERITA serta MEMUTAR BALIKAN FAKTA tetap hidup!

Baca: Ayo….Jadilah Cerdas, cek and ricek

loading...

Semoga bermanfaat.
God bless you, God bless Indonesia
@shtobing

Add a Comment