Jangan Buang Waktu Anda, Segera Stop Bila Tidak Bermanfaat!

manfaat

Pernahkah anda melakuan suatu hal yang tidak bermanfaat? Pertanyaan selanjutnya: pernahkah anda melakukan suatu hal yang tidak bermanfaat berjam-jam?

Pertanyaan ini saya tujukan untuk kita semua, agar kita mulai mengevaluasi apa yang sedang kita lakukan!

Apakah yang kita lakukan bermanfaat atau tidak? Sehingga segera kita hentikan ketika kita sadar bahwa apa yang sedang kita lakukan tidak bermanfaat, lalu beralih untuk melakukan hal lain yang bermanfaat.

Bermanfaat

Tapi sebelum saya lanjutkan tulisan ini, saya ingin bertanya, apakah anda bisa membedakan antara bermanfaat dengan yang tidak bermanfaat? atau biasa di ucapkan Gak Ada Manfaatnya?

loading...

Hal ini sangat penting, karena banyak orang yang tidak bisa membedakan apakah sesuatu itu bermanfaat atau tidak, nah kalau anda belum mengerti sebaiknya kita perjelas dulu hal-hal apa saja yang kita kategorikan bermanfaat (kalau kategori di bawah dirasakan kurang silahkan tambahkan sesuai situasi dan kondisi kita masing-masing).

Pertama kita sepakat dulu, bahwa yang dimaksud aktivitas bermanfaat adalah suatu kegiatan yang akan menjadikan kita lebih baik di masa depan, antara lain: jadi lebih pintar, lebih sehat, lebih kaya, lebih terkenal, lebih cantik/tampan, lebih kreatif, lebih kuat, lebih tahan, lebih sabar, lebih cepat, lebih fasih berbahasa, lebih dermawan dan lain-lain yang lebih baik daripada saat ini.

Dan kita batasi juga hanya untuk hal-hal yang positif saja dan termasuk yang bermanfaat bagi orang lain, jangan yang negatif: lebih pandai menipu, lebih pandai mencuri, lebih gesit dalam mencopet, lebih pandai berdusta, lebih pandai membalikan fakta, dan pokoknya bukan berbagai kelebihan lain yang negatif!.

manfaat
loading...

Kalau kita setuju dengan hal yang di atas, maka kita bisa lanjutkan membincangkannya dan melatih, agar diri kita terkontrol dan melakukan hal-hal yang bermanfaat saja.

loading...

Salah satu tanda anda setuju adalah dengan permisalan di bawah ini: Misalnya saya berkesimpulan bahwa “menghayalkan artis cantik dan sexy menjadi istri kita” adalah kegiatan yang gak berguna, karena sesuai kriteria di atas kegiatan itu tidak akan membuat kita menjadi lebih baik.

Tapi mungkin anda berkeras dan tidak sependapat, karena menurut anda menghayalkan sang artis bisa mendorong anda untuk kerja sekeras-kerasnya agar menjadi kaya raya dan bisa melamar sang artis.

Nah apakah anda memang jadi berkerja keras atau hanya melamun saja? Kalau memang anda benar-benar jadi berkerja keras, maka lanjutkan saja menggapai cinta setinggi langit itu, tetapi kalau tidak, maka anda harus segera hentikan khayalan itu cari kegiatan lain yang bermanfaat!

Mari Test Apa Yang Kita Lakukan Bermanfaat

manfaat

Coba sekarang apa yang sedang anda lakukan? Tanpa perlu menjadi peramal saya tahu kalau anda sedang membaca tulisan ini.

Nah silahkan anda bertanya apakah dengan membaca tulisan ini anda menjadi lebih baik? menjadi lebih pintar? menjadi lebih bijak? menjadi sadar bahwa banyak waktu anda yang terbuang percuma kalau anda melakukan hal-hal yang tidak berguna?

Atau dengan membaca tulisan ini anda hanya buang-buang waktu saja? Kalau menurut anda buang-buang waktu saja, segera hentikan dan alihkan kegiatan anda dengan melakukan hal yang bermanfaat. Kalau anda merasa ada manfaatnya karena akan membuat anda kebih baik dari kemarin, silahkan lanjutkan membaca tulisan ini…gampang kan?

loading...

Lalu kapan kita melakukan test “apakah yang sedang kita lakukan bermanfaat atau tidak?”, Jawabnya adalah segera!, sesegera mungkin! ketika kita sedang melakukan suatu aktivitas, uji apakah bermanfaat atau tidak.

Awalnya akan susah, tetapi lakukan terus maka tidak lama kemudian, hanya dalam hitungan jam (bukan hari apalagi minggu), anda sudah bisa menyadari apakah yang sedang anda lakukan itu bermanfaat atau tidak.

Setelah terbiasa maka kita dengan mudah akan segera beralih meninggalkan aktivitas yang tak bermanfaat itu ke aktivitas yang bermanfaat, setelah menjadi kebiasaan, maka tanpa kita sadari sebelum kita melakukan suatu kegiatan kita sudah mulai mengevaluasinya.

Dengan demikian alam bawah sadar kita langsung menghentikan kita atau mengingatkan kita bahwa “itu” adalah suatu kegiatan yang tidak berguna!….Asyik kan….?

Game Online Bermanfaat Atau Tidak?

manfaat

Nah setelah anda membiasakan diri mengevaluasi apakah kegiatan yang akan kita lakukan itu berguna atau tidak, maka bersamaan dengan itu anda harus mencari dan menginventarisir kegiatan-kegiatan yang berguna.

Misalnya, main game online Clash of Clan (COC) itu adalah bukan kegiatan yang berguna, karena tidak akan membuat kita jadi labih baik, kita jadi sibuk untuk berperang-berperang dan menyususun strategi, sementara strategi yang kita jalankan di COC tidak akan berguna di kegiatan nyata…

loading...

Tapi anda ingin main game online, pilih game online yang bermanfaat, yaitu game onilen yang menambah wawasan dan pengetahuan kita. Ada yang meningkatkan kemampuan kita berbahasa Inggris, ada yang meningkatkan pengetahuan agama kita, ada yang meningkatkan ketelitian kita seperti catur, dan banyak lagi.

Terus terang saat ini saya sedang dalam proses meninggalkan COC, saya rasakan memang cukup sulit karena sudah 3 (tiga) tahun dan level base saya sudah lumayan tinggi. Untungnya saya tidak pernah keluar uang se-Rupiah pun untuk membeli gems, karena bagi yang sempat menjad maniak dan sudah keluar uang pasti akan semakin sulit meninggalkan COC.

Tapi kita harus berhenti main COC (segera relakan uang yang sudah anda buang itu) karena game itu sama sekali tidak berguna bagi kita, tetapi sangat berguna bagi si developernya, kalau dari main game itu anda bisa jadi kaya, atau paling tidak dapat uang rutin, silahkan anda lanjutkan…Saya tidak pernah mendengar ada orang kaya karena menjual base COC nya…. 🙂

Ayo segera tinggalkan segala yang tidak berguna, kalau sulit harus segera berontak dari genggaman games developer itu, bebaskan diri anda dan segera lakukan kegiatan yang bermanfaat.

loading...

Daripada nongkrong berjam-jam melototi COC lebih baik anda jalan-jalan ke depan rumah dan berolah-raga, syukur-syukur bertemu dengan tetangga untuk saling menyapa, saat berolah-raga sudah pasti anda akan lebih sehat dan fresh.

Melamun

Melamun atau berpikir tetapi mengawang-awang adalah satu kegiatan yang tidak berguna dan tanpa disadari bisa dilakukan berjam-jam.

Bahkan kadang-kadang kita bisa melamun karena memikirkan seseorang yang tidak kita sukai, atau orang yang merugikan kita, lalu dalam lamunan itu kita memaki-maki. Bahkan karena mengganjalnya masalah yng ditimbulkan orang itu kita jadi memikirkannya di mana saja (dan kapan saja), dari saat kita di jamban hingga saat kita menyetir.

Kegiatan melamun, berpikir menerawang sama juga dengan gosip, bedanya menggosip dilakukan oleh beberapa orang, dan waktu terbuang berjam-jam karena menggosip (pembaca pasti bisa membedakan antara menggosip dengan berdiskusi menyusun rencana? Kalau tidak bisa berarti kebiasaan menggosip anda sudah mendarah daging, segera baha ke UGD 🙂

Kalau anda pernah melamun atau menggosip, coba hitung waktu yang terbuang untuk yang gak penting-penting itu, pasti sangat banyak waktu yang terbuang. Jadi segera hentikan, karena hal itu sama sekali tidak berguna!

Terkait dengan kegiatan melamun, akan ada manfaatnya kalau kita bukan sekedar melamun tetapi mempersiapkan kata-kata dan melatih menyampaikannya ke seseorang tersebut, tetapi kalau ternyata sangat kecil kesempatan bertemu dan menyampaikan hal tersebut.

Lebih baik hentikan lamunan menyusun rencana di pikiran anda itu, alihkan untuk melakukan hal yang bermanfaat. Mengingat-ingat firman Tuhan misalnya: awal ilmu pengetahuan adalah takut akan TUHAN, firman ini langsung terasa manfaatnya bagi pikiran dan jiwa kita.

Ok para pembaca…? Sudah dapat idenya kan? sangat mudah bukan?

Kalau begitu ayo kita lakukan…identifikasi hal-hal apa saja yang masuk kategori bermanfaat dan tidak bermanfaat, lalu silahkan kembangkan sendiri untuk memastikan kegiatan yang anda lakukan adalah kegiatan yang bermanfaat…pasti anda bisa meninggalkan segala sesuatu yang tidak bermanfaat, dan tidak ada lagi keluhan “Ngapain gua ngelakonin yang gak ada manfaatnya…”

Selamat melakukan yang penting-penting!
GBU
@shtobing

Add a Comment