Contoh-Contoh Klaim Asuransi yang Di Luar Dugaan – Ayo Berasuransi

Hallo semua, setelah tulisan saya sebelumnya, yaitu untuk memperkaya para pembaca dalam mengelola risiko, saya akan menuliskan lagi contoh-contoh kasus sejenis, karena sangat banyak sekali terjadi. Hal ini bukan untuk menakut-nakuti, tetapi untuk membuat kita tidak lalai dan semakin waspada:

Mobil Total Loss

Kerusakan total mobil dan hilangnya nyawa karena tertimpa peti kemas (container). Peristiwa ini dengan mudah bisa kita cari di media, karena cukup membuat penduduk terkejut, dimana kendaraan sedan mewah (produk Eropa) tertimpa peti kemas dari atas truck yang berjalan bersebelahan dengannya.

Semua berjalan normal dan entah mengapa penahan peti kemas tidak dapat menahan dengan baik, sehingga peti kemas terjatuh ke sisi kiri dan menimpah sedan dan penemudinya, sehingga terhimpit dan mengakibatkan sedan gepeng dan pengemudi meninggal di tempat.

Kapal LCT

Kapal jenis LCT (Landing Craft Transport) hilang di laut Jawa termasuk beberapa alat berat yang diangkutnya, sesuai laporan awak yang selamat LCT tenggelam karena slink pengikat muatan (alat berat) terputus, dan saat ada ombak semua alat berat menumpuk di satu sisi dan menghilangkan keseimbangan LCT sehingga tenggelam.

loading...

Ketika berangkat dari Tanjung Priok semua slink sudah diperiksa kekuatannya, termasuk juga metoda ikatan dan keseimbangan kapal, sehingga kapal boleh berlayar. Tetapi di luar dugaan, dan hal ini sangat jarang terjadi, salah satu slink putus dan mengakibatkan reaksi berantai atas slink-slink lainnya (karena alat berat yang putus menimpa alat berat lain).

Tower Crane

Tower crane patah karena material yang sedang diangkat tertabrak truk, sehingga tali crane tertarik dan mematahkan crane. Crane patah dan roboh menimpa rumah penduduk. Peristiwa yang sangat jarang terjadi, di mana saat material yang akan diangkat sudah di letakan di bucket crane, kemudian petugas di bawa memberi aba-aba untuk diangkat, mendadak truk pengangkutnya bergerak dan menabrak material tersebut dan menarik tali crance dan mematahkan tiang crane. Padahal saat itu truck sudah di hand brake dan tidak terjadi pergeseran tanah yang dapat membuat truck bergeser.

Peleburan Logam

Proses penuangan logam hasil peleburan tidak berjalan dengan baik sehingga merusak peralatan pabrik karena terkena logam cair, akibat proses yang terhenti menyusul pemadaman listrik PLN.

Perusahaan memiliki generator sebagai back-up listrik PLN, yang rutin dimaintain dan test kesiapannya, akan tetapi entah mengapa ketika pabrik sedang beroperasi dan terjadi pemadaman listrik, generator tidak dapat hidup.

loading...

Akibatnya proses pabrik berhenti dan logam cair yang sedang di tuang tidak tertuang dengan baik, dan karena panasnya merusak peralatan pabrik, selain itu terjadi kerusakan peralatan cor akibat cairan logam membeku, akibatnya diperlukan penggantian berbabagi peralatan dengan harga yang sangat mahal.

Stok Pakan Ternak

Kebakaran stok pakan ternak karena terbakar sendiri. Gudang penyimpanan sudah mengelola stok yang sebagian besar adalah bungkil jagung dengan baik.

Karena kandungan minyaknya maka bila tidak dikelola dengan baik, tumpukan bungkil jagung kering dapat terbakar sendiri. Akan tetapi di luar dugaan terjadi panas yang ekstrim di luar gudang dan bersamaan dengan itu exhaust tidak berkerja dengan baik.

Akibatnya terjadi kebakaran atas salah satu tumpukan, dan selanjutnya meningkatkan suhu di dalam gudang dan membuat beberapa tumpukan membara dan terbakar, termasuk membakar gudang hingga rusak parah.

Nah itu 5 (lima) contoh tambahan atas klaim-klaim yang terjadi dan saya alami dan sharing dari rekan-rekan saya. Semoga membantu kita untuk berhati-hati, dan mengalihkan risiko-risiko tersebut ke asuransi karena premi asuransi cukup murah dan ekonomis

Silahkan baca kasus sebelumnya di :

loading...

God bless you, God bless Indonesia
@shtobing

Add a Comment