Bacaan Harian Firman TUHAN Tanggal 30 Desember 2020

Firman Tuhan hari ini berdasarkan “Revised Common Lectionary Sundays and Special Days Calendar” terambil dari Amsal 9:1-12 dan 2 Petrus 3:8-13.

Amsal 9:1-12

1 Hikmat telah mendirikan rumahnya, menegakkan ketujuh tiangnya, 2 memotong ternak sembelihannya, mencampur anggurnya, dan menyediakan hidangannya. 3 Pelayan-pelayan perempuan telah disuruhnya berseru-seru di atas tempat-tempat yang tinggi di kota: 4 “Siapa yang tak berpengalaman, singgahlah ke mari”; dan kepada yang tidak berakal budi katanya: 5 “Marilah, makanlah rotiku, dan minumlah anggur yang telah kucampur; 6 buanglah kebodohan, maka kamu akan hidup, dan ikutilah jalan pengertian.”

7 Siapa mendidik seorang pencemooh, mendatangkan cemooh kepada dirinya sendiri, dan siapa mengecam orang fasik, mendapat cela. 8 Janganlah mengecam seorang pencemooh, supaya engkau jangan dibencinya, kecamlah orang bijak, maka engkau akan dikasihinya, 9 berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah.10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian. 11 Karena oleh aku umurmu diperpanjang, dan tahun-tahun hidupmu ditambah. 12 Jikalau engkau bijak, kebijakanmu itu bagimu sendiri, jikalau engkau mencemooh, engkau sendirilah orang yang akan menanggungnya.

2Petrus 3:8-13

8 Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari. 9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

loading...

10 Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.

11 Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup 12 yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya. 13 Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.

Renungan

Apakah kita sudah benar-benar siap menyambut hari TUHAN yang entah kapan datangnya? Bahkan Tuhan Yesus sendiri mengatakan hanya Bapa yang tahu kapan waktunya hari itu datang.

Untuk itu kita harus menjaga sikap dan tingkah laku kita, dan mengevaluasinya setiap hari agar kita sadar apakah telah menyimpang dari jalan TUHAN atau tidak.

loading...

Melakukan evaluasi atas apa yang kita kerjakan sebenarnya sangatlah mudah, karena target yang ingin kita capai dapat kita hitung atau gambarkan, namun konsistenti agar target yang kita canangkan tercapai tidaklah mudah.

Misalnya kita ingin memiliki berat badan yang ideal, maka dengan mengatur pola makan (biasa disebut diet), pada periode tertentu kita akan mencapai berat ideal tersebut.

Namun mengatur pola makan dengan disiplin tidaklah mudah, karena sangat banyak godaan yang hadir di hadapan kita, baik dari berbagai iklan dan promosi, juga dari keluarga dan teman-teman di sekitar kita. Sehingga pengaturan pola makan (diet) kita seringkali gagal, dan tidak tercapailah cita-cita kita untuk mencapai berat ideal.

Menjaga pola makan sangat sulit apalagi menjaga agar kehidupan kita tetap saleh. Godaan melakukan dosa secara sengaja maupun tidak sengaja sangatlah kuat, dan godaan itu lebih berat daripada menghadapi godaan makanan. Sehingga kita seringkali gagal dan melakukan dosa serta jauh ke dalamnya.

Dengan sering membaca dan merenungkan firman TUHAN, maka kita akan memperoleh hikmatNYA yang membuat pikiran kita dapat semakin kokoh. Sehingga dalam setiap aktivitas kita akan mengarahkan pikiran kita kepada firman tersebut, dan mencegah aktivitas kita menyimpang bahkan bertentangan dengan firman TUHAN.

Dengan terus mengarahkan hati dan pikiran kita kepada TUHAN, maka niscaya kita tidak akan jatuh ke dalam dosa, dan akan selalu dikuatkan TUHAN untuk menjalankan perintahNya menyampaikan kabar sukacita ke seluruh dunia dan memperoleh keselamatan yang kekal.

loading...

God bless you, God bless Indonesia.

@shtobing  

Add a Comment