Bacaan Harian Firman TUHAN Tanggal 31 Desember 2020

Firman Tuhan hari ini berdasarkan “Revised Common Lectionary Sundays and Special Days Calendar” terambil dari 1 Raja-raja 3:5-14 dan Yohanes 8:12-19.

1 Raja-raja 3:5-14

5 Di Gibeon itu TUHAN menampakkan diri kepada Salomo dalam mimpi pada waktu malam. Berfirmanlah Allah: “Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu.” 6 Lalu Salomo berkata: “Engkaulah yang telah menunjukkan kasih setia-Mu yang besar kepada hamba-Mu Daud, ayahku, sebab ia hidup di hadapan-Mu dengan setia, benar dan jujur terhadap Engkau; dan Engkau telah menjamin kepadanya kasih setia yang besar itu dengan memberikan kepadanya seorang anak yang duduk di takhtanya seperti pada hari ini.

7 Maka sekarang, ya TUHAN, Allahku, Engkaulah yang mengangkat hamba-Mu ini menjadi raja menggantikan Daud, ayahku, sekalipun aku masih sangat muda dan belum berpengalaman. 8 Demikianlah hamba-Mu ini berada di tengah-tengah umat-Mu yang Kaupilih, suatu umat yang besar, yang tidak terhitung dan tidak terkira banyaknya. 9 Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yanjahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?”

10 Lalu adalah baik di mata Tuhan bahwa Salomo meminta hal yang demikian. 11 Jadi berfirmanlah Allah kepadanya: “Oleh karena engkau telah meminta hal yang demikian dan tidak meminta umur panjang atau kekayaan atau nyawa musuhmu, melainkan pengertian untuk memutuskan hukum, 12 maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorangpun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorangpun seperti engkau.

loading...

13 Dan juga apa yang tidak kauminta Aku berikan kepadamu, baik kekayaan maupun kemuliaan, sehingga sepanjang umurmu takkan ada seorangpun seperti engkau di antara raja-raja. 14 Dan jika engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan tetap mengikuti segala ketetapan dan perintah-Ku, sama seperti ayahmu Daud, maka Aku akan memperpanjang umurmu.”

Yohanes 8:12-19

12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.” 13 Kata orang-orang Farisi kepada-Nya: “Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar.”

14 Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: “Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku itu benar, sebab Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. 15 Kamu menghakimi menurut ukuran manusia, Aku tidak menghakimi seorangpun, 16 dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku.

17 Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah; 18 Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku.” 19 Maka kata mereka kepada-Nya: “Di manakah Bapa-Mu?” Jawab Yesus: “Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku.”

loading...

Renungan

Salomo mengenal Tuhan dengan baik. Ia mengetahui bagaimana TUHAN telah membuat ayahnya, Daud, menjadi raja yang besar dan disegani di seluruh dunia. Tentu saja sebagian besar kehidupan Daud tidak disaksikan sendiri oleh Salomo, karena ia lahir ketika Daud sudah menjadi raja. Namun oleh karena cerita dan kesaksian orangtuanya dan setiap orang yang mencatat sejarah, maka Salomo mengetahuinya dengan baik.

Orang-orang yang tidak mengenal Tuhan dengan baik tentu tidak mengerti bagaimana Tuhan Yang Maha Kuasa mampu melakukan berbagai hal, yang bagi kita adalah mujizat, namun bagi TUHAN adalah hal yang biasa saja.

Oleh karena itu Yesus menegaskan hal itu kepada orang-orang yang masih bertanya juga walau sudah menyaksikan sendiri berbagai karyaNya di dunia, dan mereka masih belum sadar juga bahwa Yesus adalah Anak Allah, ialah Sang Juruselamat umat manusia.

Melihat bagaimana TUHAN bekarya pada kehidupan kita sehari-hari, tentunya menyadarkan kita bahwa TUHAN sungguh mengasihi kita semua, dan pasti IA akan memperhatikan kebutuhan kita bahkan memenuhi permintaan kita sebagaimana TUHAN memenuhi permintaan Salomo.

Namun contohlah Salomo bagaimana ia bukan meminta harta kekayaan dan kekuasaan di dunia ini, namun ia meminta hikmat TUHAN. Hikmat yang ia sadari tidak akan pernah lekang oleh waktu. Oleh karena itu mintalah hikmat Tuhan untuk kehidupan kita di hari-hari dan tahun-tahun selanjutnya.

Harta kekayaan bisa musnah, namun hikmat akan tetap ada selamanya.

loading...

Lalu ketika TUHAN mendengar permintaan Salomo, maka bukan hanya hikmat saja yang IA berikan kepadanya, namun kekayaan dan kekuasaan juga. Karena TUHAN mengerti bahwa orang yang memiliki hikmatNya, akan dapat mengelola kekayaan dan kekuasaan dengan baik untuk kesejahteraan umat manusia di sekitarnya.

Mari baca, renungkan dan pelajari terus firman TUHAN agar kita selalu memperoleh hikmatNya, dikuatkan dan diberkati, sehingga kita mampu menjalankan perintahNya untuk menyampaikan kabar sukacita kepada seluruh umat manusia.

Selamat memasuki tahun 2021, God bless you, God bless Indonesia.

@shtobing

Add a Comment