Bacaan Harian Firman TUHAN Tanggal 23 Desember 2020

Bacaan Firman Tuhan ini berdasarkan “Revised Common Lectionary Sundays and Special Days Calendar”, terambil dari 1 Samuel 2:1-10 dan Markus 11:1-11

1 Samuel 2:1-10

Alkitab firman Tuhan

1 Lalu berdoalah Hana, katanya: “Hatiku bersukaria karena TUHAN, tanduk kekuatanku ditinggikan oleh TUHAN; mulutku mencemoohkan musuhku, sebab aku bersukacita karena pertolongan-Mu. 2 Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita. 3 Janganlah kamu selalu berkata sombong, janganlah caci maki keluar dari mulutmu. Karena TUHAN itu Allah yang mahatahu, dan oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji.

4 Busur pada pahlawan telah patah, tetapi orang-orang yang terhuyung-huyung, pinggangnya berikatkan kekuatan. 5 Siapa yang kenyang dahulu, sekarang menyewakan dirinya karena makanan, tetapi orang yang lapar dahulu, sekarang boleh beristirahat. Bahkan orang yang mandul melahirkan tujuh anak, tetapi orang yang banyak anaknya, menjadi layu.

6 TUHAN mematikan dan menghidupkan, Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati dan mengangkat dari sana. 7 TUHAN membuat miskin dan membuat kaya; Ia merendahkan, dan meninggikan juga. 8 Ia menegakkan orang yang hina dari dalam debu, dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur, untuk mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan, dan membuat dia memiliki kursi kehormatan. Sebab TUHAN mempunyai alas bumi; dan di atasnya Ia menaruh daratan. 9 Langkah kaki orang-orang yang dikasihi-Nya dilindungi-Nya, tetapi orang-orang fasik akan mati binasa dalam kegelapan, sebab bukan oleh karena kekuatannya sendiri seseorang berkuasa. 10 Orang yang berbantah dengan TUHAN akan dihancurkan; atas mereka Ia mengguntur di langit. TUHAN mengadili bumi sampai ke ujung-ujungnya; Ia memberi kekuatan kepada raja yang diangkat-Nya dan meninggikan tanduk kekuatan orang yang diurapi-Nya.”

loading...

Markus 11:1-11

1 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem, dekat Betfage dan Betania yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya 2 dengan pesan: “Pergilah ke kampung yang di depanmu itu. Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan segera menemukan seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskan keledai itu dan bawalah ke mari. 3 Dan jika ada orang mengatakan kepadamu: Mengapa kamu lakukan itu, jawablah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya ke sini.”

4 Merekapun pergi, dan menemukan seekor keledai muda tertambat di depan pintu di luar, di pinggir jalan, lalu melepaskannya. 5 Dan beberapa orang yang ada di situ berkata kepada mereka: “Apa maksudnya kamu melepaskan keledai itu?” 6 Lalu mereka menjawab seperti yang sudah dikatakan Yesus. Maka orang-orang itu membiarkan mereka. 7 Lalu mereka membawa keledai itu kepada Yesus, dan mengalasinya dengan pakaian mereka, kemudian Yesus naik ke atasnya. 8 Banyak orang yang menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang menyebarkan ranting-ranting hijau yang mereka ambil dari ladang. 9 Orang-orang yang berjalan di depan dan mereka yang mengikuti dari belakang berseru: “Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, 10 diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapak kita Daud, hosana di tempat yang maha tinggi!” 11 Sesampainya di Yerusalem Ia masuk ke Bait Allah. Di sana Ia meninjau semuanya, tetapi sebab hari sudah hampir malam Ia keluar ke Betania bersama dengan kedua belas murid-Nya.

Renungan

Semua Karena KuasaNYA

Luar biasa kasih Tuhan kepada umat manusia. Ia akan memberkati setiap orang yang tak kenal lelah menjalankan perintahNya. Ia mengasihi setiap orang yang tidak sombong dan mengakui bahwa kuasa Tuhanlah yang meninggikan dia.

Setiap orang yang hormat dan mengasihi Tuhan, pasti dengan suka cita memberikan harta miliknya yang berharga, untuk dipakai Tuhan menyampaikan kabar keselamatan kepada sesama manusia. Sebagaimana pemilik keledai yang dengan rela memberikan keledainya (alat angkut yang masa itu sangat berharga), untuk kepentingan Tuhan.

loading...

Sudahkah kita merelakan segala sesuatu untuk pekerjaan Tuhan di dunia ini? Jangan sampai kita menjadi orang yang layu di kemudian hari, karena tidak mengakui bahwa semua yang kita miliki adalah karena kuasa Tuhan.

Baca dan renungkan firman TUHAN setiap hari, agar kita diberi kekuatan untuk menjalankan perintahNYA tanpa ragu, sehingga memberi sukacita setiap umat manusia yang mendengarNya.

God bless you, God bless Indonesia.

@shtobing

Add a Comment