Bacaan dan Renungan Firman TUHAN Tanggal 1 Jan 2021

Firman Tuhan hari ini berdasarkan “Revised Common Lectionary Sundays and Special Days Calendar” terambil dari Pengkhotbah 3:1-13; Mazmur 8; Wahyu 21:1-6; Matius 25:31-46.

Pengkhotbah 3:1-13

Alkitab Firman Tuhan

1 Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya. 2 Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam; 3 ada waktu untuk membunuh, ada waktu untuk menyembuhkan; ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun; 4 ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari;

5 ada waktu untuk membuang batu, ada waktu untuk mengumpulkan batu; ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk; 6 ada waktu untuk mencari, ada waktu untuk membiarkan rugi; ada waktu untuk menyimpan, ada waktu untuk membuang; 7 ada waktu untuk merobek, ada waktu untuk menjahit; ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara; 8 ada waktu untuk mengasihi, ada waktu untuk membenci; ada waktu untuk perang, ada waktu untuk damai.

9 Apakah untung pekerja dari yang dikerjakannya dengan berjerih payah? 10 Aku telah melihat pekerjaan yang diberikan Allah kepada anak-anak manusia untuk melelahkan dirinya. 11 Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

loading...

12 Aku tahu bahwa untuk mereka tak ada yang lebih baik dari pada bersuka-suka dan menikmati kesenangan dalam hidup mereka. 13 Dan bahwa setiap orang dapat makan, minum dan menikmati kesenangan dalam segala jerih payahnya, itu juga adalah pemberian Allah.

Mazmur 8

1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Gitit. Mazmur Daud. 2 Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi! Keagungan-Mu yang mengatasi langit dinyanyikan. 3 Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.

4 Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan: 5 apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya? 6 Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat. 7 Engkau membuat dia berkuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kauletakkan di bawah kakinya: 8 kambing domba dan lembu sapi sekalian, juga binatang-binatang di padang; 9 burung-burung di udara dan ikan-ikan di laut, dan apa yang melintasi arus lautan. 10 Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi!

Wahyu 21:1-6

1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi. 2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya. 3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka. 4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.”

loading...

5 Ia yang duduk di atas takhta itu berkata: “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!” Dan firman-Nya: “Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar.” 6 Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.

Matius 25: 31-46

31 “Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya. 32 Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing, 33 dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya.

34 Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. 35 Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; 36 ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku.

37 Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum? 38 Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian? 39 Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau?

40 Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. 42 Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum; 43 ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku.

loading...

44 Lalu merekapun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau? 45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku. 46 Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal.”

Renungan

Sebelum memasuki tahun yang baru tentunya kita sudah mengevaluasi hidup kita, yang kita jalani selama ini, bukan hanya di tahun 2020 tetapi juga di tahun-tahun sebelumnya.

Dengan melakukan evaluasi kita dapat melihat sejauh mana kita telah melangkah, dan apakah langkah itu baik bagi diri kita atau tidak. Dari hasil evaluasi tersebut kita dapat membuat rencana-rencana yang baru, untuk kita jalankan dan memperbaiki segala sesuatu yang masih kurang, dan membuat yang sudah baik semakin baik.

Yang perlu kita sadari, sebagai umat manusia, semua hal yang kita lakukan harus selalu kita tujukan untuk kemuliaan Tuhan. Bukan untuk kemuliaan diri kita sendiri, sehingga setiap rencana langkah kita pasti kita persiapkan untuk menghasilkan kebaikan bagi sesama manusia sebagaimana perintahNya.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan agar kita jangan hanya sekedar melelahkan diri kita, mencari kesibukan tanpa tujuan yang jelas (Pengkotbah 3:9), dan tidak sadar bahwa kesuksesan adalah karena peran Tuhan dalam hidup kita, sehingga hasilnya kita habiskan untuk kesenangan diri kita sendiri (Pengkotbah 3:12-13)

Dalam setiap kegiatan kita, biasakanlah untuk memuji dan memuliakan Tuhan, kita pasti akan selalu sadar bahwa demikian besar kasih Tuhan kepada kita semua (Mazmur 8:7), hanya IA yang mampu membuat segala sesuatunya menjadi baru dan indah dan dikaruniakan kepada umat yang percaya (Wahyu 21:4-5).

loading...

Dengan demikian kita dapat menjalankan salah satu peran kita yang diperintahkanNya, yaitu menjadi saluran berkat bagi sesama umat manusia, terutama bagi orang-orang lemah yang ada di sekitar kita. Jangan pernah mengabaikan orang-orang lemah, mereka yang kekurangan pangan, papan dan pakaian serta masalah kesehatan bahkan dipenjara karena kekurangan mereka itu. Lakukan peran kita sekecil apapun itu, untuk membantu mereka agar bisa kuat dan memperoleh makanan, tempat tinggal dan pakaian untuk kehidupan mereka.

Lakukanlah semua kebaikan itu tanpa menyombongkan diri, dan jadikanlah kebiasaan untuk kemuliaan Tuhan, sebagaimana orang-orang benar yang dilambangkan sebagai domba (Matius 25:37-40).

Selamat Tahun Baru, selamat menciptakan prestasi-prestasi baru, dan selamat memperbaharui sikap hidup kita, sehingga kita menjadi saksi-saksi Tuhan yang memuliakan namaNya ke seluruh dunia. Untuk itu, baca dan renungkan firman Tuhan setiap waktu, niscaya kita akan dikuatkan untuk melakukan itu semua.

God bless you, God bless Indonesia.

loading...

Klik untuk bacaan dan renungan firman TUHAN berdasarkan Leksionari

@shtobing

Add a Comment