Bacaan Dan Renungan Firman TUHAN 6 Jan 2021

Firman Tuhan hari ini berdasarkan “Revised Common Lectionary Sundays and Special Days Calendar” terambil dari Yesaya 60:1-6; Mazmur 72:1-7, 10-14; Efesus 3:1-12 dan Matius 2:1-12

Yesaya 60:1-6

Alkitab Firman Tuhan

1 Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. 2 Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.

3 Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu. 4 Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua datang berhimpun kepadamu; anak-anakmu laki-laki datang dari jauh, dan anak-anakmu perempuan digendong.

5 Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu. 6 Sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyhur TUHAN.

loading...

Mazmur 72:1-7, 10-14

1 Dari Salomo. Ya Allah, berikanlah hukum-Mu kepada raja dan keadilan-Mu kepada putera raja! 2 Kiranya ia mengadili umat-Mu dengan keadilan dan orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum! 3 Kiranya gunung-gunung membawa damai sejahtera bagi bangsa, dan bukit-bukit membawa kebenaran!

4 Kiranya ia memberi keadilan kepada orang-orang yang tertindas dari bangsa itu, menolong orang-orang miskin, tetapi meremukkan pemeras-pemeras! 5 Kiranya lanjut umurnya selama ada matahari, dan selama ada bulan, turun-temurun! 6 Kiranya ia seperti hujan yang turun ke atas padang rumput, seperti dirus hujan yang menggenangi bumi!

7 Kiranya keadilan berkembang dalam zamannya dan damai sejahtera berlimpah, sampai tidak ada lagi bulan! 10 kiranya raja-raja dari Tarsis dan pulau-pulau membawa persembahan-persembahan, kiranya raja-raja dari Syeba dan Seba menyampaikan upeti! 11 Kiranya semua raja sujud menyembah kepadanya, dan segala bangsa menjadi hambanya!

12 Sebab ia akan melepaskan orang miskin yang berteriak minta tolong, orang yang tertindas, dan orang yang tidak punya penolong; 13 ia akan sayang kepada orang lemah dan orang miskin, ia akan menyelamatkan nyawa orang miskin. 14 Ia akan menebus nyawa mereka dari penindasan dan kekerasan, darah mereka mahal di matanya.

loading...

Efesus 3:1-12

1 Itulah sebabnya aku ini, Paulus, orang yang dipenjarakan karena Kristus Yesus untuk kamu orang-orang yang tidak mengenal Allah 2 –memang kamu telah mendengar tentang tugas penyelenggaraan kasih karunia Allah, yang dipercayakan kepadaku karena kamu, 3 yaitu bagaimana rahasianya dinyatakan kepadaku dengan wahyu, seperti yang telah kutulis di atas dengan singkat.

4 Apabila kamu membacanya, kamu dapat mengetahui dari padanya pengertianku akan rahasia Kristus, 5 yang pada zaman angkatan-angkatan dahulu tidak diberitakan kepada anak-anak manusia, tetapi yang sekarang dinyatakan di dalam Roh kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya yang kudus,

6 yaitu bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus. 7 Dari Injil itu aku telah menjadi pelayannya menurut pemberian kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku sesuai dengan pengerjaan kuasa-Nya.

8 Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu, 9 dan untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu, 10 supaya sekarang oleh jemaat diberitahukan pelbagai ragam hikmat Allah kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa di sorga, 11 sesuai dengan maksud abadi, yang telah dilaksanakan-Nya dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

12 Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepada-Nya.

Matius 2:1-12

1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem 2 dan bertanya-tanya: “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”

loading...

3 Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. 4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.

5 Mereka berkata kepadanya: “Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab  yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel.”

7 Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak. 8 Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: “Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya akupun datang menyembah Dia.”

9 Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada. 10 Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.

11 Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur. 12 Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.

Renungan

Sejak dahulu kala ketidakadilan selalu menimpa orang lemah, yang biasanya adalah orang-orang miskin. Oleh karena itu tidak heran bila kita melihat banyak sekali ayat-ayat Alkitab yang menunjukan seruan dan jeritan orang lemah atau orang miskin kepada TUHAN. Selanjutnya kita melihat bagaimana firman TUHAN, yang menyatakan bahwa IA pasti mendengar jeritan minta tolong orang-orang lemah itu dan menghukum siapapun yang membuat mereka menderita.

loading...

Para raja kita sadari dipilih Tuhan untuk memerintah rakyatnya dengan bijaksana dan adil. Namun seringkali karena kekuasaan yang dimilik rang Raja, ia melupakan tugas mulia itu. Banyak raja-raja yang bukannya melindungi dan membuat sejahtera rakyatnya, namun malah membuat rakyatnya semakin tertindas dan menderita.

Banyak juga raja yang membiarkan para pejabatnya menindas rakyat mereka. Salah satu pertimbangan adalah keamanan dan kestabilan singgasana sang raja. Sehingga demi melindungi tahtanya, sang raja malah membiarkan rakyatnya diperas habis oleh para pejabat yang serakah.

Kekuasaan sang raja juga membuat mereka lupa bahwa ada Tuhan yang Maha Kuasa memperhatikan semua tingkahlaku merea itu. Mereka (sang raja) anggap remeh dan mengabaikan bahwaTuhan tidak tinggal diam, IA akan turun tangan  untuk menghukum dengan berat sang raja yang lalim tersebut.

Salah satu bukti kasih TUHAN kepada umatNya adalah IA mengutus PutraNya Yang Tunggal untuk menyelamatkan umat manusia, dan memberi kesegaran kepada setiap orang yang haus akan cinta kasih, yang tidak mereka dapat dari sang Raja dan manusia lainnya.

loading...

Namun bukannya menyambut kedatangan Sang Raja Juruselamat Umat Manusia, Herodes malah merasa terancam, dan dia berniat membunuh Tuhan yang hadir dalam Yesus namun dilahirkan di tempat yang sederhana, bukan di kerajaan yang gegap gempita.

Karena kedangkalan cara berpikir dan kepentingan diri sendiri, maka Herodes jadi gelap mata dan merencanakan kekejian, bukannya bersama-sama dengan Orang Majus untuk mencari TUHAN dan sujud menyembah kepadaNya.

Kedangkalan dan kebebalan Herodes pula yang melupakan bahwa TUHAN Maha Tahu, sehingga dengan mudahnya TUHAN mencegah rencana Herodes sehingga orang-orang Majus tidak kembali menemui Herodes (Matius 2:12).

Bagaimana dengan kita, apakah kita adalah orang yang suka menindas orang lemah demi posisi kita? Sehingga hati dan pikiran kita rela merencanakan pembunuhan untuk menyingkir orang tersebut.

Apakah kita adalah orang yang dangkal cara berpikir dan mengabaikan kuasa TUHAN yang mampu melihat segala sesuatu yang kita lakukan? Apakah kita berpikiran bahwa kepentingan kita ada di atas kepentingan orang lain, terutama orang-orang lemah?

Apabila sedikit saja kita memiliki pikiran seperti itu, segeralah kembali ke jalan Tuhan karena IA mengetahui apa yang kita pikirkan dan Tuhan akan menghukum kita pada waktuNya nanti.

God bless you, God bless Indonesia.

Klik untuk bacaan dan renungan firman TUHAN berdasarkan Leksionari

@shtobing

Add a Comment