Kebiasaan Berpikir Terbalik!

Kepada semua yang ada di sana, ya anda semua politikus dan kritikus yang suka berpikir terbalik-balik, yang tujuannya hanya untuk mengkritik dan mengecilkan upaya pemerintah meningkatkan perekenomian Indonesia.

Anda mengharapkan rakyat Indonesia terbujuk rayu oleh kata-kata anda dan berpaling dari pemerintah sekarang. (Baca: Mau ganti presiden ya harus jelas dulu siapa calon penggantinya!)

Tidak Tahu Berpikir Runut

Anda yang bisanya mengkritik pembangunan yang sedang dilakukan pemerintah, karena cara berpikir anda masih menggunakan cara berpikir pemerintahan Indonesia masa lalu!

Yaitu cara berpikir yang terbalik-balik, sehingga anda mengkritik bahwa pembangunan Infrastruktur yang dilakukan pemerintah sekarang, tidak berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi, sehingga anda cap sebagai kegagalan.

loading...

Mengapa anda saya sebut sebagai orang yang berpikir terbalik? Karena di dunia manapun, bagi negara yang tidak punya cash dalam jumlah besar di tangan, maka upaya mengembangkan ekonomi adalah dengan mengandalkan investasi dari luar. Maka negara harus menyediakan infrastruktur terlebih dahulu dan dengan jaminan keamanan, baru investor akan datang!

Bukan sebaliknya yang selama ini terjadi di negara Indonesia, dimana pemerintah yang dahulu mencoba mengundang Investor tanpa ada kejelasan infrastruktur, sehingga ketika investor berinvestasi terpaksa menjalankan investasinya dengan biaya transportasi dan energi yang mahal.

Akibatnya produk yang dihasilkan juga menjadi mahal, tidak dapat bersaing di luar negeri dan tidak laku juga di dalam negeri, sehingga tidak lama kemudian mereka hengkang dari Indonnesia.

Pikiran Pendek dan Sempit

loading...

Anda yang bisanya cuma kritik dengan cara berpikir terbalik harus juga mengerti bahwa Investor itu tidak hanya berinvestasi di bidang Industri berat, tetapi dengan kekayaan alam dan potensi wisata yang besar di Indonesia maka Investasi pariwisatalah (setelah hasil laut) yang harusnya menjadi andalan kita.

loading...

Bahkan kalau dilihat pada masa-masa krisis, daerah yang mengandalkan wisata tidak pernah mengalami suasana krisis! Jadi menurut saya industri pariwisata ini adalah industri yang terbukti tahan krisis.

Kalau kondisi infrastruktur masih seperti dulu, maka orang Jakarta yang ingin ke Borobudur saja perlu bersusah payah, perjalanan panjang dan mahal hanya untuk mengunjungi Borobudur.

Lebih Mudah dengan Adanya Infrastruktur Baru

Begitu juga sebaliknya orang Yogya yang ingin ke Jakarta akan lebih mudah dengan kondisi infrastruktur yang semakin baik. Bagaimana dengan turis manca negara?

Dulu mereka ingin ke Danau Toba susahnya setengah mati, harus melalui kota Medan dan menempuh perjalanan 6 jam. Sekarang dengan ditingkatkannya Bandara Silangit, maka kunjungan ke Danau Toba menjadi di bawah 3 jam saja dari Jakarta! (bahkan efek dominonya adalah munculnya wisata-wisata di kota-kota lain sekitar Danau Toba).

Negara Indonesia ini memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa, kalau anda pernah ke beberapa negara tetangga, di mana di sana air terjun kecil saja jadi tempat wisata idaman karena infrastruktur menuju ke lokasi yang sangat memadai.

Maka dengan potensi wisata Indonesia yang luar biasa dari Aceh hingga Papua, bisa dibuat ribuan daerah tujuan wisata, asal semua didukung dengan infrastruktur!

loading...

Ya Infrastruktur harus segera dikerjakan terlebih dahulu, jangan seperti pemerintah yang lalu-lalu insfrastruktur tidak dikerjakan ke daerah wisata karena menunggu daerah wisata tersebut ramai dikunjungi wisatawan.

Akibatnya terbukti bahwa daerah wisata Indonesia tidak berkembang. Contohnya beberapa tahun lalu, kalau ingin ke pulau Komodo sangat susah, karena mengandalkan transportasi seadanya, sekarang sudah lebih baik.

Walaupun menurut saya masih perlu terus ditingkatkan pembangunan Infrastrukturnya, baik transportasi, energi maupun keamanaan!

Penginggalan Pemerintah Zaman Dulu yang Serba Terbalik

Saya sangat maklum dengan cara berpikir anda yang terbalik, karena anda memang produk pemerintahan masa lalu.

Yang membiasakan rakyat Indonesia menerima cara berpikir mereka, sehingga cara berpikir terbalik itu dianggap benar.

Sebagian besar kroni-kroni anda pasti berpikirnya terbalik-balik, misalnya menganggap Industri Indonesia masuk ke era yang hebat kalau bisa membangun industri Teknologi tinggi, karena terlihat bangunannya keren, bahkan peresmiannya juga besar-besaran!

loading...

Tapi apakah anda sadar dampak ekonominya terhadap rakyat sekitar? Jangan-jangan produk dari Industri ini sama sekali tidak laku karena kalah bersaing dengan perusahaan besar, dari negara besar yang sudah mapan dan menguasai pasar.

Mampu Berpikir Benar Baru Bicara!

Jadi saran saya lihat dan berpikirlah dengan benar baru memberi kritikan-kritikan. Kalau anda mendapat pujian dari partai-partai pendukung anda bukan berarti anda benar, karena orang-orang di partai pendukung anda itu oportunis semua, numpang beken dengan apa yang anda lakukan.

Saran saya anda jangan mau terbuai oleh pujian para oportunis itu! Ingat bisa setiap saat mereka meningglkan anda (Baca:Politikus bisa setiap saat berpindah ke lain hati, hati-hati yak!).

Surat terbuka saya ini tidak panjang lebar tetapi saya yakin anda semua sudah mengerti maksudnya.

loading...

Semoga anda sadar dan merasakan manfaatnya!

God Bless You, God Bless Indonesia
@shtobing

Add a Comment