Lakukan Investigasi Kecelakaan Akibat Rem Blong!

Hallo anda yang di sana, ya anda semua sebagai pemilik kendaraan besar, seperti truk dan bis. Apakah anda selalu memastikan bahwa seluruh kendaraan dalam keadaan baik dan layak berjalan di jalan raya? Apakah anda sudah benar-benar memastikannya dengan menggunakan teknisi yang handal?

Rem Blong pasti karena maintenance yang buruk!

Kalau jawaban anda iya, saya ingin bertanya lagi, apakah anda mengerti apa itu layak? Apakah anda hanya melihat tekanan angin ban, isi bahan bakar, jumlah olie, mendengar suara mesin dan kondisi wiper saja?

Apakah anda sudah memastikan bahwa kelayakan juga menyangkut jumlah muatan yang diangkut, kondisi pengemudi dan asisten pengemudi, dan kondisi rem baik rem seluruh roda maupun hand brake?

Mungkin anda akan menjawab ya, sudah, pertanyaan selanjutnya adalah siapa yang melakukan pemeriksaan itu semua dan bagaimana prosedurnya? Apakah teknisi yang melakukan memang memiliki kualifikasi yang mencukupi, atau anda hanya mememrintahkan karyawan anda untuk melakukan pengecekan sebagaimana yang ada di buku petunjuk saja?

Atau anda sudah yakin bahwa para teknisi sudah benar menjalankan prosedur hingga uji lapangan? Menguji langsung dengan mengemudikannya?

Bagaimana jawaban anda? apabila anda yakin dan benar telah melakukannya, maka saya sangat yakin pula bahwa kecelakaan dengan alasan rem blong tidak akan terjadi, kecelakaan dengan alaasan kendaraan tidak mampu menanjak juga tidak terjadi.

loading...

Tapi kalau anda berbohong, maka ingatlah bahwa kecelakaan yang terjadi adalah akibat ulah anda, anda mungkin tidak mengemudikannya sendiri, anda mungkin sedang bersantai di luar negeri ketika kecelakaan terjadi, anda mungkin sedang tidur di rumah ketika kecelakaan terjadi, tetapi oleh karena sikap anda utnuk selalu memastikan kendaraan yang anda gunakan untuk mencari uang itu selalu memiliki kondisi yang prima, maka walau tidak secara langsung, kecelakaan itu adalah ulah anda!

Kalau saat ini bis atau truk anda belum mengalami kecelakaan, maka bisa dipastikan kedepannya masalah yang sama akan terjadi pada anda, oleh karena itu segeralah untuk melakukan maintenance yang baik dan benar pada bis dan truk anda, jangan cari keuntungan sebanyak-banyaknya dengan mengabaikan keselamatan orang lain, karena sikap tersebut sama saja dengan para penjahat!

Semoga bermanfaat mengingatkan para pelaku usaha dan para aparat untuk menyelidiki penyebab rem blong. Ingat rem blong tidak akan terjadi selain karena maintenance yang bobrok!

God bless you, God bless Indonesia.

@shtobing

Add a Comment