Penghujung Tahun, Sambut Tahun Baru

Hari terakhir menjelang pergantian tahun, atau biasa kita sebut sebagai penghujung tahun, pasti mendorong kita semua untuk meluangkan waktu, melihat sejenak ke belakang.

Dari bulan Januari 2019 hingga hari ini, mengenang dan mengevaluasi hal-hal apa saja yang sudah kita lakukan, belum kita lakukan, berhasil, gagal, kecewa ataupun bahagia?

Sehingga dari hasil evaluasi tersebut akan kita gunakan sebagai pelajaran yang akan memperkuat kita menggapai cita dan cinta di tahun 2020.

Sambut Tahun baru
Lihat SEJENAK ke belakang untuk
menguatkan pejalanan kita ke DEPAN!

Di kala mencoba melihat ke belakang, melakukan kilas balik, terkadang kita menemukan hal-hal yang tidak kita ingin ingat-ingat kembali.

Berbagai hal yang menyakitkan atau memalukan, sehingga ketika kita mengingatnya kembali rasa sakit dan malu atau penyesalan itu timbul kembali.

Kembali timbul dan mengharu biru hati dan pikiran kita, sehingga kita enggan menjadikannya sebagai panduan kita menghadapi masa depan.

loading...

Kita semua harus melihat kembali, mengevaluasi dan menjadikan segala kesenangan atau kesedihan, kebaikan atau keburukan, keberhasilan atau kegagalan, hal yang membanggakan atau hal yang memalukan, hal yang membuat hati riang atau sedih, sebagai panduan kita dalam menjalankan kehidupan selanjutnya.

Sehingga kita dapat lebih mudah menggapai sukses dalam segala rencana. Kalau kita tidak mau melihat hal-hal yang kurang berkenan, maka bisa jadi kita akan mengulangi atau bertemu kembali dengan hal yang sama. Dan kalau kita mencoba melupakannya, menghapus dari pikiran kita, bisa jadi kita tidak siap untuk mengantisipasnya, sehingga kita kecewa kembali.

Jadi bukan hanya segala seusatu yang membuat kita sukses di tahun 2019 yang harus kita kenang, dan menjadi pelajaran. Apalagi kalau segala hal-hal yang tidak menyenangkan hati kita itu ternya akibat ulah kita pribadi, akibat kesalahan kita mengambil keputusan dan bertindak.

Maka pelajaran dari sana adalah pelajaran yang sangat berharga untuk mencegah kita jatuh masuk ke dalam lobang yang sama.

Mari mulai melihat kembali segala sesuatu yang baik dan buruk yang terjadi selama tahun 2019, buat rencana-rencana untuk mengulangi atau meningkatkan keberhasilan, dan beri peringatan untuk berjaga-jaga dan menghindari atau persiapkan langkah untuk menghadapi segala sesuatu yang buruk.

Persiapkan diri kita menghadapi tahun 2020 dengan langkah tegap dan yakin. Dan tetap selalu diingat bahwa semua rencana yang kita buat adalah hasil dari hikmad yang kita dapat dari Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena itu apabila tidak berjalan sesuai rencana kita, berarti kita harus bertanya kembali kepada TUHAN dan meminta bimbinganNya.

loading...

Syukuri segala sesuatu yang kita terima dari TUHAN, dan syukuri selalu segala bimbingan dan tuntunanNYA walau menuju arah yang tidak sesuai dengan keinginan kita.

Selamat menyambut tahun 2020, sukses dalam cita dan cinta, God bless you, God bless Indonesia.

@shtobing

Add a Comment