Mari Belajar untuk Mengajar

Hallo para pembaca sekalian, kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengajar. Termasuk bagaimana saya terinspirasi dan termotivasi untuk menjadi pengajar yang baik.

Tetapi karena banyak sekali, maka agar anda tidak jemu saya akan membagi ke dalam beberapa artikel, dan semua yang terkait dengan bidang pekerjaan yang saya geluti selama 30 tahun.

Mengajar Asuransi Kerugian Tidak Mudah tapi asyik

Mengajar Karyawan dan Nasabah

Saya sangat menikmati mengajar, walaupun sangat banyak tantangannya.

Diberbagai kesempatan mengajar, baik untuk peserta karyawan baru (fresh graduate) dalam program New Employee Orientation Program (NEOP), serta mengajar Person in Charge (PIC) Asuransi nasabah kami (Tertanggung).

Hampir semua peserta tidak paham dengan baik apa itu Asuransi. Sehingga tidak mungkin membuat peserta mengerti bila saya tidak memiliki pengalaman yang cukup.

Directorate saya adalah Corporate/Commercial Insurance, oleh karena itu Tertanggung kami adalah perusahaan, sehingga mereka selalu memiliki PIC khusus yang berhubungan dengan kami.

Seorang PIC, karena tugasnya sebagai jembatan perusahaan Asuransi dengan Tertanggung (perusahaan), maka dia harus terus didevelop pengetahuan asuransi dan produknya, agar tidak terjadi miskomunikasi nantinya.

Awalnya saya pikir karena latar belakang karyawan baru yang beragam, yaitu bukan dari perguruan tinggi yang khusus mempelajari Asuransi.

loading...

Ternyata tidak demikian, karena fresh graduate dari perguruan tinggi pendidikan Asuransi pun, tidak dapat segera mengerti dengan baik.

Banyak konsep yang aplikasinya tidak tepat, atau mereka masih berputar di teori semata, sehingga harus belajar lagi.

Sarjana Hukum Belum Siap Pakai

Sempat terpikir bahwa mengajar Sarjana Hukum lebih mudah, tetapi kenyataannya tidak seperti itu.

Komunikasi dan pengertian pasal demi pasal kontrak Asuransi memang lebih mudah bagi seorang Sarjana Hukum.

Namun untuk penerapan di lapangan, mereka masih membutuhkan bantuan yang sama dengan sarjanan jebolan Perguruan Tinggi Asuransi.

Produk Asuransi bisa sama akan tetapi obyek pertanggungan atau obyek yang diasuransikan semua berbeda.

loading...

Misalnya walaupun sama-sama hotel, obyek pertanggungan ada berupa hotel bintang 4 ada hotel Melati, ada yang di kota Jakarta yang lainnya di kaki gunung Slamet dan berbagai perbedaan lainnya.

Akibatnya syarat dan ketentauan asuransinya berbeda, termasuk meotde penanganan dan penjelasannya juga berbeda.

Banyak terjadi salah persepsi, walaupun nilai akademis mereka cukup lumayan, ada  yang di atas rata-rata.

Maka tidak dapat disangkal lagi bahwa pengalaman adalah guru terbaik.

PIC Tertanggung Tidak Fokus

Apalagi PIC customer kami, mereka rata-rata merangkap tugas, tidak ada yang khusus menangani Asuransi.

Jadi walau produk sudah kita jelaskan dan setiap tahun ada acara refreshing, mereka tetap tidak mengerti dengan baik.

Sehingga tidak aneh saat terjadi klaim masih terjadi miscommunication dengan pic tertanggung, yang ujungnya menimbulkan ketidakpuasan.

Apabila ada karyawan baru atau pic tertanggung yang cukup mengerti apa itu Asuransi, maka biasanya mereka hanya mengerti Asuransi kendaraan bermotor (Motor Vehicle Insurance).

Asuransi Kendaraan Bermotor Jalan Masuk Saat Mengajar

Oleh karena itu setiap mengajar, apabila peserta ada yang cukup mengerti Asuransi kendaraan, maka saya akan membimbing mereka mulai dari sudut Asuransi kendaraan.

Namun apabila pengertian mereka sebelumnya adalah produk Asuransi jiwa, maka walau lebih sulit tetapi tetap memungkinkan cara menjelaskan yang sama, yaitu mengutip konsep dan produk Asuransi kerugian dengan sedikit melihat praktek Asuransi jiwa.

loading...

Sebagai pengajar tetap, saya mengajar berbagai Jenis/kelompok Asuransi Kerugian, atau biasa disebut Class of Business (COB).

Kelompok (COB) Asuransi Kendaraan Bermotor (termasuk di dalamnya Asuransi Heavy Equipment atau Asuransi Alat Berat), adalah yang paling mudah untuk dipelajari, karena paling banyak dikenal orang.

loading…


Pages ( 1 of 4 ): 1 234Next ยป

Add a Comment