Menang Tanpa Mengalahkan! (Insight dari olahraga Golf)

Golf asyik dan fair

Hallo yang ada di sana…

Saya mau sedikit menulis lagi tentang GOLF. Kenapa lagi?, karena saya sudah pernah menulis pemikiran saya terkait olah raga Golf, tapi saya lupa, apa di facebook atau di blog saya yang gratisan dan sudah tidak bisa diakses lagi… 🙂

Prinsip Golf Berbeda dengan Olah Raga Lain

Saya suka dengan prinsip yang ada di olah raga golf, salah satunya adalah: golfer (pemain golf) saat ber main golf sebenarnya adalah sedang berjuang untuk melawan diri sendiri dan alam (lapangan golf dan semua situasi kondisi di lapangan golf) yang dihadapi saat bermain golf.

Oleh karena itu, prinsip pertandingan golf adalah bukan mengalahkan orang lain supaya kita menang, tetapi KUASAI DAN KENDALIKAN DIRI SENDIRI DENGAN BAIK SEHINGGA BISA MENGHADAPI ALAM yang akhirnya adalah skor rendah karena bermain dengan baik.

loading...
Hole 12 Par 3 (target 3 pukulan)
loading...

O iya, bagi yang belum mengerti golf, secara sederhana saya jelaskan sebagi berikut:

dalam pertandingan golf pemain yang memiliki skor paling rendah adalah pemenangnya, karena saat bermain golf kita akan diberi target jumlah pukulan.

Biasanya 1 ronde kita harus bermain (memasukan bola golf kita) ke dalam 18 hole, dengan jumlah target yang diberikan pada lapangan golf umumnya adalah 72 pukulan untuk 18 hole (jumlah pukulan kita itu biasa juga disebut skor).

Sehingga kalau kita bisa memukul (memiliki skor) lebih rendah dari 72 (misalnya 69), dan pemain lain tidak ada yang lebih rendah dari pukulan (skor) kita maka kita akan memenangkan pertandingan.

loading...

Jadi berbeda ya dengan basket, atau sepakbola, yang mencari angka (skor) terbanyak.

Menang Bukan Karena Lawan Bermain Jelek

Kita lanjutkan ya….Jadi kalau kita bermain golf dan mengharapkan kita menang karena lawan kita bermain jelek, itu sangat salah.

Sangat berbeda dengan olah raga lain, contohnya sepakbola kalau lawan lengah kita bikin goal, kalau pertandingan tinju lawan lengah atau kecapean kita bisa pukul dengan uppercut.

Dalam catur, kalau lawan pusing atau silap, kita bisa membuat langkah jitu dan akibatnya skak mat, dan lain-lain.

Sedangkan di golf, seandainya saat bertanding kita tidak bisa mengendalikan diri dan sabar menghadapi lingkungan (lapangan dan situasi kondisi sekitar), maka sejelek apapun lawan bermain, kita tetap bisa kalah!

Yang menarik lagi adalah di dalam permainan golf, sangat terbuka peluang untuk bermain curang, salah satunya karena lapangan yang luas sehingga kita bisa berada jauh dari lawan “yang mengawasi” kita.

loading...

Kumpulan Inspirasi Untuk Anda

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »

Add a Comment