Bacaan dan Renungan Firman TUHAN 5 Jan 2021

Firman Tuhan hari ini berdasarkan “Revised Common Lectionary Sundays and Special Days Calendar” terambil dari Amsal 22:1-9 dan Lukas 6:27-31.

Amsal 22:1-9

Alkitab Firman Tuhan

1 Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas. 2 Orang kaya dan orang miskin bertemu; yang membuat mereka semua ialah TUHAN. 3 Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka.

4 Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan. 5 Duri dan perangkap ada di jalan orang yang serong hatinya; siapa ingin memelihara diri menjauhi orang itu. 6 Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

7 Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi. 8 Orang yang menabur kecurangan akan menuai bencana, dan tongkat amarahnya akan habis binasa. 9 Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin.

loading...

Lukas 6:27-31

27 “Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; 28 mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.

29 Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu. 30 Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu. 31 Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.

Renungan

Mari kita evaluasi apakah kita sudah memiliki nama baik sebagaimana yang difirmankan TUHAN melalui kitab Amsal 22 ayat 1 diatas? Atau tidak?

Kita mungkin bisa merasa sudah memiliki nama baik, karena orang-orang di sekitar kita selalu menghormati kita. Namun kita harus berhati-hati, apakah karena, bisa jadi, orang-orang tersebut menghormati kita bukan karena mereka menilai kita baik, namun mereka takut karena kekuasaan kita, atau meraka memang selama ini mendapat keuntungan karena dikenal dekat kita.

loading...

Nama baik yang disampaikan oleh firman Tuhan ini haruslah terpancar dari dalam hati dan sikap kita, dimana memberi serta memperhatikan orang miskin adalah salah satu tolok ukurnya (Amsal 22:9). Jadi kalau kita dikenal baik oleh orang-orang di sekitar kita saja, yaitu mereka para relasi bisnis kita atau sahabat-sahabat kita, itu berarti kita belum termasuk ke dalam kategori “nama baik” sebagaimana firman TUHAN ini.

Namun perlu dingat juga, bahwa kebaikan hati dan kerelaan diri membantu orang-orang miskin janganlah dijadikan cara untuk menaikan citra kita, karena itu adalah sikap yang tidak tulus dan tidak disukai TUHAN. Ingat apa yang kita lakukan “janganlah semata-mata untuk memperoleh pujian dari manusia, karena itu semua hanya make up dan tidak kekal”.

Lakukanlah perintah TUHAN, sehingga orang-orang melihat bahwa TUHAN sudah menggunakan kita untuk menyampaikan kasihNya kepada seluruh umat manusia. Bahkan bukan hanya kepada orang miskin kita harus mengasihi mereka, juga kepada musuh-musuh dan orang-orang yang memusuhi kita. Perbuatan baik kita kepada orang yang memusuhi kita sedikit banyak akan membuka mata mereka, bahwa Tuhan juga mengasihi mereka.

Apa yang harus kita lakukan agar kita dapat melakukannya dengan tulus? Firman Tuhan hari ini melalui Lukas 6:31 menyatakan “sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka”.

Oleh karena itu marilah kita melakukan segala sesuatunya dengan tulus, sehingga bukan hanya manusia saja, namun TUHAN melihat dan memuji perbuatan kita itu. Perbuatan yang kita lakukan itu pastilah akan memberikan nama yang baik dan harum bagi kita, bukan hanya untuk sesaat namun kekal abadi untuk selamanya.

Baca dan renungkan firman Tuhan setiap hari dan setiap waktu, akan membuat kita semakin mengerti apa kehendak Tuhan kepada diri kita. Sehingga kita dapat menjalankan perintahNya, menyampaikan kabar sukcaita ke seluruh dunia, dengan baik bahkan sempurna.

loading...

God bless you, God bless Indonesia.

Klik untuk bacaan dan renungan firman TUHAN berdasarkan Leksionari

@shtobing

Add a Comment