ANDA PANIK? SPEKULAN KAYA RAYA!

Hallo anda yang ada di sana, bagaimana kabar anda semua? Semoga anda semua dan keluarga serta rekan-rekan anda dalam keadaan baik-baik saja. Selain itu semoga anda dan keluarga anda semua dalam keadaan tetap tenang, tidak terpengaruh oleh gejolak yang sedang terjadi disebabkan merebaknya virus corona yang sudah bermutasi menjadi COVID-19, yang menurut analisa menyerang lebih cepat dan berbahaya hingga 1000 (seribu) kali dibandingkan virus Corona penyebab wabah SARS beberapa tahun lalu.

Mengapa saya sampaikan semoga anda semua tetap tenang, karena sebenarnya kalau kita melihat sejarah berbagai wabah dan peristiwa yang terjadi selama ini, tidak pernah mengakibatkan kehancuran total dunia. Memang sangat menakutkan karena cara menularnya yang tidak bisa diduga, berbeda misalnya dengan virus Demam Berdarah Dengu (DBD), yang bisa diduga berasal dari nyamuk, walaupun kecepatan kematian akibat DBD lebih cepat, dan lebih banyak, tetapi kita semua memang sepertinya lebih gentar menghadapi COVID-19 ini, sehingga saya sangat miris ketika berita tentang kematian 11 orang akibat DBD seperti diabaikan karena ada berita 2 orang yang sedang menderita sakit karena COVID-19.

Kita harus tetap tenang, walaupun tetap harus waspada dan menjaga kesehatan agar cirus COVID-19 tidak mudah menyerang kita, atau tidak mudah berkembang biak di badan kita yang mengakibatkan kematian. Tetap tenang agar kita semua tidak dimanfaatkan oleh PARA SPEKULAN. Para spekulan sebenarnya lebih berbahaya daripada virus itu, memang tidak mematikan tetapi membuat kegoncangan dengan tujuan mengambil keuntungan. Kepanikan yang terjadi pada pasar saham misalnya, langsung membuat pasar global jatuh semua karena para investor menarik uang investasi mereka, yang diikuti oleh investor lain yang melakukan Cut Loss karena kegoncangan yang timbul. Kegoncangan yang saya yaki dibuat lebih keras oleh para spekulan, dengan tujuan membuat orang panik dan mereka dapat masuk ke pasar dengan harga murah, atau apabila memungkinkan akan mereka (para spekulan) buat goncangan-goncangan yang lebih menakutkan sehingga mereka bisa membeli lebih banyak dan mungkin menjadi pemegang saham mayoritas. Dan memperhatikan pola wabah yang akan normal tidak lebih dari 1 tahun, maka para spekulan akan kaya raya ketika harga saham kembali meningkat karena para investor kembali ke pasar.

Kita semua bisa membuka referensi bagaima pasar saham yang bergejolak oleh karena krisis ekonomi beberapa tahun lalu, yang memang lebih merusak perekonomian secara nyata (dari pada kepanikan akibat wabah), tidak terlalu lama akan kembali normal dan meningkatkan harga saham. Dan kita semua bisa mencari informasi bagaimana akhirnya setiap orang yang terus bertahan, bahkan membeli saham-saham murah, menjadi kaya raya. Hal itu yang dilihat oleh para spekulan, mereka terus menekan pasar dan mengambil keuntungan. Jadi semakin panik anda akan semakin bersemangat para spekulan menekan pasar dan memborong saham murah.

Memang sangat menggetarkan, saya juga mengalaminya sekarang ini, dimana investasi saya di reksadana dan saham, yang saya sebar untuk membagi risiko, secara total posisinya negatif. Tetapi saya memberanikan diri untuk bertahan, dan mengharapkan wabah segera didapatkan obatnya dan pasar kembali tenang sehingga investasi saya dapat positif kembali.

Spekulan tentunya bekerja bukan hanya di pasar saham, dunia investasi, tetapi juga di mana-mana. Lihat saja ada orang yang kesempatan untuk memborong masker, dan menjualnya dengan harga tinggi. Begitu juga memborong hand sanitizer, tisu basah dan bergerak ke memborong sembako. Lalu menyimpan dan menjualnya dengan harga tinggi. Ada juga yang mencari ketenarang dengan membuat kisah-kisah dan analisa-analisa yang menakutkan hanya supaya dia didengarkan, diundang sebagai pembicara dan memperoleh keuntungan. Dan berbagai ulah para spekulan, menyebar isu, mengadu domba dan membuat takut untuk memperoleh keuntungan. Penyebar isu seperti itu juga dilakukan oleh para POLITIKUS BUSUK, mereka bukannya bekerja sesuai bidang dan tanggungjawabnya malah menebarkan berita bohong supaya menjadi POPULER!

Jadi bagi anda yang sedang panik, cobalah mencari cara agar anda tenang, bisa berdoa dan berpasrah kepada TUHAN Yang Maha Esa. Pasti itu dapat menenangkan diri anda, menurunkan kepanikan dan akhirnya menjadi tenang. Ingat lakukan upaya untuk menenangkan diri anda berulang kali agar anda tidak dimanfaatkan dan dimakan oleh si Spekulan. Jangan sampai anda sengasara sementara sang spekulan kaya raya!

Semoga bermanfaat. God bless you, God bless Indonesia.

@shtobing

Add a Comment