AKHIR HAYAT MURID-MURID YESUS

Hallo para pembaca sekalian, saya mengutip catatan-catatn tentang akhir hayat dari murid-murid Yesus Kristus plus Paulus, sehingga setiap saat dengan mudah saya dapat membacanya kembali sebagai bahan renungan dan menguatkan iman saya. Mungkin bermanfaat juga bagi anda:

Ketika si jahat dari dunia membakar gereja, jangan gentar, mereka akan dihukum TUHAN seberat-beratnya kelak! Dan kita, terus maju menjalankan tugas pelayanan kita untuk menyelamatkan umat manusia!
  1. Matius meninggal dunia, karena disiksa dan dibunuh dengan pedang di Ethiopia.
  2. Yohanes digoreng dalam minyak mendidih di Roma, tetapi karena Tuhan Yesus masih ingin memakai Yohanes lebih lanjut, maka keajaiban terjadi sehingga walaupun ia telah digoreng hidup-hidup, ia tetap hidup. Akhirnya ia dibuang dah diasingkan ke pulau Patmos untuk kerja paksa di tambang batubara. Pada saat ia berada di sana, ia mendapatkan wahyu TUHAN sehingga ia bisa menulis kitab WAHYU. Kemudian ia dibebaskan dan akhirnya kembali menjadi uskup di Edessa (Turki). Ia adalah satu-satunya Rasul yang bisa mencapai lanjut usia dan meninggal dengan tenang.
  3. Petrus disalib dengan kepala di bawah. Kayu salib untuk Petrus dipasang berbeda dengan Yesus, bentuknya seperti huruf X. Ia merasa tidak layak untuk mati dan disalib seperti Tuhan Yesus.
  4. Yakobus saudara tiri dari Tuhan Yesus dan pemimpin gereja di Yerusalem, dilempar kebawah dari puncak bubungan Bait Suci, di tempat yg sama dimana setan membawa Yesus untuk digoda. Ia meninggal dunia setelah dilempar dari tempat tersebut.
  5. Yakobus anak Zebedeus adalah nelayan dan murid pertama Yesus yang dipanggil, ia dipenggal kepalanya di Yerussalem. Pada saat disiksapun, ia tidak pernah menyangkal Tuhan Yesus, bahkan ia berusaha berkhotbah terus, bukan hanya kepada tawanan lainnya saja, tetapi juga kepada orang yang menghukum dan menyiksa dia dengan kejamnya. Sehingga akhirnya orang Romawi itu mendampingi Yakobus pada saat ia di hukum penggal, bukan sekedar hanya untuk menyaksikan, melainkan juga untuk turut dihukum dan dipenggal bersama dengan Yakobus. Pada saat ia mau menjalani hukuman mati, ia berlutut bersama di samping Yakobus, sambil berdoa, itu adalah doanya yang terakhir, sebelum ia mati dipenggal bersama Yakobus sebagai orang Kristen.
  6. Filipus meninggal tepat setelah 10 tahun kematian Yakobus, pada tahun 54 M. Filipus dikatakan telah dihukum cambuk dan dilemparkan ke dalam penjara serta kemudian disalibkan di Hierapolis di Phrygia.
  7. Bartolomeus yang lebih di kenal sebagai Natanael ia menjadi misionaris di Asia, antara lain ia memberikan kesaksian di Turki. Ia meninggal dunia di Armenia setelah ia mendapat hukuman cambuk sehingga semua kulitnya menjadi hancur dan terlepas.
  8. Andreas juga di salib seperti Petrus dengan cara X di Yunani. Sebelum meninggal, ia di siksa dengan hukum cambuk oleh tujuh tentara dan diikat di salib. Dengan cara demikian mereka bisa memperpanjang masa sakit dan masa siksaannya. Seorang pengikut Andreas yg turut menyaksikan hukuman Andreas menceritakan perkataan yg telah di ucapkan oleh Andreas sebelum meninggal dunia : “Ternyata keinginan dan cita-cita saya bisa terkabul, dimana saya bisa turut merasakan saat-saat disiksa dan disalib seperti Yesus”. Pada saat dicambuk ia tiada henti-hentinya berkhotbah hingga ajal.
  9. Thomas dilempar ke dalam perapian, tetapi karena masih tetap hidup, ia dihujani dengan tombak hingga mati di India.
  10. Tadues saudara Yakobus Ia disalibkan di Edessa, kota kuno Mesopotamia, sekitar tahun 72 M, karena ia tidak bersedia untuk mengingkari YESUS.
  11. Yudas menyesal kerena telah menjual Yesus yang tidak bersalah lalu memilih untuk menggantung diri.
  12. Matias, Rasul pengganti Yudas Iskariot mati dihukum rajam dan akhirnya dipenggal kepalanya.
  13. Paulus dipilih Tuhan Yesus setelah Tuhan kembali ke surga, ia disiksa dengan sangat kejam dan akhirnya dipenggal kepalanya oleh Kaisar Nero di Roma pada tahun 67. Ia adalah yg paling lama mengalami siksaaan di penjara, sehingga kebanyakan suratnya dibuat dan dikirim dari penjara.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita murtad jika dianiaya?, ada tawaran harta, tawaran jabatan, atau karena jatuh cinta pada dunia? Apakah masih merasa aneh jika sulit memperoleh ijin membangun gedung gereja, saat beribadah diganggu hingga diteror Bom? saat berdoa dan bernyanyi memuji TUHAN di rumah kita diteror bahkan dilarang oleh tetangga?

Marilah kita sadar, bertobat, dan selalu mengingat bahwa semua yang ada di dunia ini akan musnah, hanya kasih Kristus yang selalu abadi. Oleh karena itu jangan pernah ragu untuk terus bersama Tuhan Yesus hingga ajal kita. Yang setia hingga akhir akan mendapat kemuliaan…Matius 24:13. TUHAN memberkati.

God bless you, God bless Indonesia

@shtobing

Add a Comment

Show Buttons
Hide Buttons