JEPANG NEGARA MISKIN?

Hallo para pembaca sekalian, perjalanan saya minggu lalu ke Jepang memuat saya terkejut, ya terkejut karena ternyata Jepang itu orangnya miskin-miskin, sehingga sangat sedikit mobil dan sepeda motor, bahkan yang banyak adalah sepeda kayuh (bukan sepeda listrik).

Sibuya, kendaraan terlihat sedikit. Pejalan kaki, banyak banget!

Jalan raya sangat sepi dari sepeda motor dan mobil, hanya jalan raya di pusat kota yang cukup banyak, namun tetap tidak membuat macet dan tidak membuat kendaraan parkir sembarangan. Semua kendaraan parkir di area yang disediakan, itupun tidak sampai penuh, setiap area parkir pasti ada tempat yang kosong, sehingga mencari parkir tidak susah.

Tidak seperti orang Indonesia yang kaya-kaya, banyak yang punya sepeda motor lelbih dari 1 (satu), bahkan cukup banyak yang punya sepeda motor sampai 3 (tiga). Begitu juga yang punya mobil, tidak aneh kalau orang Indonesia punya mobil lebih dari 1 (satu). Bahkan karena kayanya orang Indonesia, banyak kendaraan yang diparkir dibadan jalan, baik di jalan raya maupun di jalan perumahan. Bahkan sangat sering kita lihat orang Indonesia yang memarkirkan kendaraannya di trotoar.

Jalan kaki, berhujan-hujanan di Tokyo

Ketika ke Ibukota Jepang saya juga melihat sedikit kendaraan pribadi yang dapat kita temukan di jalananan, kecuali di jam sibuk dan di beberapa titik yang cukup banyak kendaraan antri. Benar-benar seperti sebuah kota kecil yang jauh dari metropolitan di Indonesia, kendaraan hanya terlihat di lokasi-lokasi tertentu saja. Sepeda motor? sekali melihat ke sekeliling kita, hanya sedikit sepeda motor yang ada, tidak lebih banyak dari jumlah jari tangan kita. Ya sangat terlihat daya beli kendaraan orang Jepang sangat rendah, berbeda dengan orang Indonesia.

Dari pagi hari jalanan sepi dan orang Jepang memilih jalan berkilometer

Sebagian besar orang Jepang saya temukan memilih berjalan kaki, ya benar hanya berjalan kaki, saya perhatikan kadang bisa sampai 1000 meter (1 kilometer). Mereka kalah kaya dengan orang Indonesia yang untuk jarak 200 meter saja harus naik angkot, atau jarak 1 kilometer sudah membayar ojeg.

Saya bangga dengan negara Indonesia, yang katanya kalah kaya dengan Jepang, ternyata rakyat Indonesia jauh lebih kaya dari rakyat Jepang. Sebagian besar rakyat Indonesia mampu membeli sepeda motor, bahkan sangat banyak anak-anak di bawah umur yang sudah dibelikan sepeda motor oleh orangtuanya. Rakyat Jepang anak-anak sekolahnya tidak ada yang naik sepeda motor, mereka berjalan kali, naik sepeda atau jalan cepat mengejar kereta api. Orang Indonesia sungguh beruntung di sekitar sekolahan banyak sekali lahan parkir yang selalu penuh di jalam-jam sekolah.

Jalan sepi, parkir masih luas di hari kerja di Jepang

Oleh karena itu kalau ada yang mengatakan orang Indonesia lebih miskin dari orang Jepang, saya tidak setuju, karena di depan mata kepala saya sendiri melihat orang Jepang lebih miskin. Mereka tidak mampu membeli mobil dan sepeda motor, dan hanya mampu beli sepeda! Masakan orang Indonesia lebih miskin?

Parkir sepeda kayuh di sebuah apartemen

Semoga satire di atas bermanfaat untuk mengingatkan orang Indonesia agar lebih berhemat, mengurangi membeli kendaraan bermotor dan membiasakan diri bersepeda dan berjalan kaki. Sebagaimana orang Jepang lakukan sehari-hari sehingga mereka menjadi salah satu bangsa yang paling sehat di dunia.

God bless you, God bless Indonesia.

@shtobing

Add a Comment

Show Buttons
Hide Buttons