PRINSIP UTAMA MELAYANI

Hallo para pembaca sekalian, terutama anda yang ingin mendedikasikan kehidupan anda untuk melayani, ingat selalu agar kita tidak terjatuh, yaitu prinsip utama yang harus kita pegang adalah: Pelayanan yang kita lakukan hanyalah demi kemuliaan TUHAN Allah saja, bukan untuk kesombongan diri apalagi mencari keuntungan pribadi.

Jadi agar hal tersebut mudah kita jalani, selalu ingat akan satu sikap melayani yang sangat penting, yaitu harus benar-benar berfokus pada Tuhan. Sekali lagi ingatlah bahwa motivasi melayani kita untuk memuliakan Tuhan, bukan diri sendiri ataupun manusia lainnya. Untuk membantu kita semua kita perlu membaca firman TUHAN dari Alkitab, berikut beberapa ayat Alkitab tentang pelayanan agar kita selalu fokus pada Tuhan:

1. Roma 15:15-16 Namun, karena kasih karunia yang telah dianugerahkan Allah kepadaku, aku di sana sini dengan agak berani telah menulis kepadamu untuk mengingatkan kamu, yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

2. 1 Petrus 1:12 Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.

3. 1 Timotius 1:12 Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku –

4. Matius 25:40 Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

5. Yesaya 6:8 Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: “Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: “Ini aku, utuslah aku!”

6. Yohanes 20:21 Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”

7. 1 Korintus 14:12 Demikian pula dengan kamu: Kamu memang berusaha untuk memperoleh karunia-karunia Roh, tetapi lebih dari pada itu hendaklah kamu berusaha mempergunakannya untuk membangun Jemaat.

Lalu bagaimana contoh teladan yang diberikan Tuhan agar kita melayani dengan benar? Hal itu jawabnya ada di Alkitab, dengan mudah kita akan menemukannya, untuk membantu kita semua berikut beberapa ayat Alkitab tentang pelayanan yang menunjukkan contoh dan teladan dari Tuhan Yesus sendiri:

1. Lukas 22:27 Sebab siapakah yang lebih besar: yang duduk makan, atau yang melayani? Bukankah dia yang duduk makan? Tetapi Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan.

2. Matius 20:28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

3. Filipi 2:6-8 [Kristus Yesus] yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

4. Yohanes 13:13-15 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu; sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.

5. 1 Petrus 2:21 Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.

6. Markus 10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

Semoga dengan tulisan di atas kita semua dapat melayani dengan motivasi yang benar, yang sepenuhnya hanya untuk memuliakan Tuhan karena segala kemuliaan adalah bagi nama Tuhan.

God bless you, God bless Indonesia

@shtobing

Add a Comment

Show Buttons
Hide Buttons