TIPS SEHAT: MUDIK DENGAN MOBIL BER-AC

Hallo para pembaca sekalian, apakah anda termasuk orang yang suka melakukan perjalanan jauh, berjam-jam dengan mobil? Terutama dengan mobil yang menggunakan AC (penyejuk udara) sehingga selalu dalam kondisi tertutup agar tetap sejuk?

Kalau iya, apalagi perjalanan anda melalui jalur mudik, maka ada kemungkinan karena macet anda terpaksa berada di dalam mobil lebih lama dari biasanya, maka tips sehat berikut saya yakin sangat berguna bagi anda dan tentunya: bagi setiap orang yang anda kasihi.

Share dari WAG saya: Dokter Ahli Paru Anjurkan Buka Jendela Mobil Tiap 1 Jam

Saat melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi, waktu tempuhnya bisa berjam-jam bahkan berhari-hari. Biasanya para pemudik menggunakan AC agar udara di mobil tetap nyaman.

Menurut seorang Dokter ahli Paru di Indonesia, selain mengatur sirkulasi AC yang harus menggunakan udara dari dalam atau recirculate, ada hal lain yang harus diperhatikan agar pemudik tidak merasa sesak ketika berkendara.

“Meskipun macet, kita juga harus sering membuka jendela mobil sejam sekali. Dalam kabin tertutup kita bernapas menggunakan CO2. Bersifat berbahaya kalau terutup rapat,” tuturnya

Ia menambahkan dalam periode tertentu, jendela mobil harus dibuka secara berkala agar udara di luar kabin dan di dalam bercampur kembali. Sebab, ketika udara di dalam mobil hanya CO2, sangat berbahaya karena bisa menyebabkan lemas dan sesak napas.

“Supaya ada kesetaraan kandungan gas di dalam mobil dan luar. Sementara saja. Kalau dibuka terlalu lama polutan bisa masuk,” ujarnya.

“Kita harus menjaga kualitas udara kabin. Harus dibuka 5 menit saja. Nggak usah dibuka full. Itu beberapa hal yang harus diperhatikan,” pungkasnya.

Tips sehat ini cukup sederhana untuk dilakukan, semoga bermanfaat bagi anda dan bagi semua orang yang anda kasihi.

God bless you, God bless Indonesia

@shtobing

Add a Comment

Show Buttons
Hide Buttons