AUDITOR MUSUH ATAU TEMAN?

Hallo para pembaca sekalian apabila fungsi ataupun bagian anda sedang diaudit, apakah anda merasa terganggu dengan datanganya auditor dan bertanya tentang berbagai hal yang sedang mereka periksa, atau anda senang dan merasa terbantu karena ada orang lain yang membantu melihat berbagai hal yang mungkin terlewatkan?

Saya pernah mendengar seorang anak muda yang entah kenapa mengatakan bahwa auditor itu adalah enemi, sama sekali tidak membantu malah membuat masalah. Saya tidak jelas apa yang dialami oleh si anak muda itu, apakah mungkin karena dia pernah menghadapi seorang auditor yang mengganggu, atau mungkin pernah permasalahan yang dia tutup rapih selama ini terbongkar gara-gara seorang auditor.

Kalau ada team anda yang mengeluh karena diaudit, pasti dia orang yang bermasalah. Mari amati dengan seksama, hindari risiko yang tidak bisa dikendalikan!

Audit adalah sebuah proses yang harus kita lakukan, baik dalam pekerjaan kita maupun dalam kehidupan sehari-hari. Terkait pekerjaan, berbagai pihak, stake holder, memerlukan audit karena dengan cara itu berbagai permasalahan bisa dicegah atau paling tidak diminimalisir. Sedangkan terkait kehidupan sehari-hari kita perlu memeriksa ulang berbagai hal yang kita rasa sudah biasa terjadi, apakah hal itu bisa merugikan diri kita (menyebabkan sakit misalnya, atau kehilangan harta dan sebagainya).

Dalam kehidupan sehari-harikita perlu melakukan audit atas kondisi kendaraan kita termasuk atas bahan bakar dan oli yang kita pakai, dan yang melakukan itu adalah pihak bengkel, yang kita bayar cukup mahal. Begitu juga kondisi kesehatan kita, tidak murah membayar ahli dibidang general check up, sehingga kita mengetahui kondisi tubuh dan tindak lanjutnya untuk mencegah penyakit.

Semua tidakan pemeriksaan audit selalu bertujuan untuk kebaikan, jadi kalau anda merasa gelisah adanya audit di bagian anda, atau ada team anda yang mengeluh karena di audit, maka anda harus menjadikan itu sebagai warning, warning ada sesuatu yang tidak beres dari anda sendiri atau dari team anda. Jangan terkejut bila ternyata hasil audit (yang hanya berdasarkan sample) dapat menemukan kejanggalan-kejanggalan bahkan tindakan kecurangan.

Saya adalah salah satu yang senag apabila ada auditor datang dan mengaudit saya, saya menjadikan mereka alat deteksi apakah ada hal-hal yang terlewat, atau ada hal-hal yang selama ini disembunyikan oleh team saya. Apabila hasilnya kurang baik dan terdapat temuan maka sudah sewajarnya kita memperoleh sanksi, dan saya meyakini itu sebagai perbaikan agar tidak membuat masalah lebih besar. Sudah wajarkan kalau dalam general check up ternyata kita memiliki penyakit yang harus segera diambil tindakan? Tindakan mencegah penyakit memang tidak enak, tetapi hasilnya kan membuat kita sehat.

Ayo jadikan para auditor sebagai rekan anda, mereka layaknya seorang dokter yang sedang memeriksa kesehatan anda, hasilnya pasti akan baik untuk anda.

God bless you, God bless Indonesia

@shtobing

Add a Comment

Show Buttons
Hide Buttons