YUK BELAJAR PRINSIP-PRINSIP ASURANSI

Hallo para pembaca sekalian, saya ingin share tentang pengetahuan asuransi kerugian (asuransi umum atau asuransi non-jiwa) yang saya geluti puluhan tahun.

Pengalaman saya selama ini orang kurang suka dengan istilah asuransi apalagi pengetahuan tentang asuransi, oleh karena itu saya ingin menceritakannya se populer mungkin sehingga mudah anda terima, dan tidak seperti sedang belajar di kelas yang membosankan.

Anda perlu tahu dengan baik apa itu asuransi, karena perkembangan jaman memaksa anda untuk sering berhubungan dengan asuransi. Contohnya, anda pasti memiliki asuransi kesehatan bukan? Yang terkenal sekarang adalah BPJS, nah itu adalah salah satu produk asuransi kerugian yang ingin saya ceritakan.

Sebelum lanjut, kita sebaiknya mengenal dulu apa saja prinsip-prinsip yang mendasari asuransi. Ada 6 (enam) prinsip yaitu:

1. Insurable Interest
2. Utmost Good Faith
3. Indemnity
4. Subrogasi
5. Kontribusi
6. Proximate Cause

Ke enamnya dalam bahasa Inggris, nyebelin banget, tapi jangan takut dengan saya semua akan mudah. Arti dari ke 6 (enam) prinsip di atas adalah:

1. Kepentingan (anda) yang dapat diasuransikan. Apa saja bisa diasuransikan asal anda punya kepentingan yang sah secara hukum.
2. Niat yang Paling baik. Kalau mau meminta perlindungan asuransi harus berdasarkan niat yang terbaik, jangan mau nipu dan cari untung.
3. Dasar ganti rugi kalau ada kecelakaan. Pokoknya berapa kerugian anda akan diganti sebesar itu, jadi kalau klaim kehilangan mobil bekas ya akan diganti seharga mobil bekas itu, bukan mobil baru.
4. Hak ganti rugi dari pihak lain (pihak ketiga), hak ini akan diambil asuransi kalau asuransi sudah membayar ganti rugi kerusakan barang yang anda alami
5. Bagi-bagi rata sesuai bagian masing-masing, kalau ada asuransi lain maka kerugian yang terjadi akan dibagi-bagi dengan seluruh asuransi yang terlibat
6. Penyebab utama kerugian terjadi, asuransi akan melihat apa penyebab kerugian anda, misalnya mobil anda tabrakan karena anda mabok, maka kerugiannya adalah akibat mabok sehingga nabrak, dan maaf kecelakaan kendaraan karena pengemudinya mabok tidak dijamin asuransi

Lumayan jelas kan? Nanti kita lanjutkan lagi ya? Sementara baca juga: Asuransi itu Perlu karena banyak kejutan di luar sana!

Semoga bermanfaat.
GBU
@shtobing

Add a Comment

Show Buttons
Hide Buttons