DIKTATOR?

Hai Kamu yang di sana…ya kamu! Nih belajar ya untuk mengerti apa itu diktator dan siapa yang layak disebut sebagai diktator!

WIKIPEDIA
Diktator adalah seorang pemimpin negarayang memerintah secara otoriter/tirani dan menindas rakyatnya. Biasanya seorang diktator naik takhta dengan menggunakan kekerasan, seringkali dengan sebuah kudeta. Tetapi ada pula diktator yang naik takhta secara demokratis. Contoh yang paling terkenal adalah Adolf Hitler.

Diktatorisme adalah sebuah paham yang artinya diambil dari kata “diktator” artinya orang yang memerintah suatu negara/pemerintahan dengan hak-hak dan kekuasaan absolut dan -isme yang berarti sebuah pemahaman maka disimpulkan diktatorisme adalah sebuah paham yang dianut oleh suatu negara untuk dipimpin oleh seorang pemimpin otoriter yang mempunyai hak dan kewajiban absolut. Adapun diktatorisme cenderung lebih banyak dipraktikkan di negara-negara Eropa seperti Jerman, Polandia, Perancis, dan Italia.

KBBI
dik·ta·tor n kepala pemerintahan yang mempunyai kekuasaan mutlak, biasanya diperoleh melalui kekerasan atau dengan cara yang tidak demokratis;

Dikutip dari www.Pengertianmenurutparaahli.net:
Diktator dan Otoriter Menurut Para Ahli :
Diktator adalah seorang pemimpin sebuah negara / wilayah yang memerintah dengan otoriter dan kejam serta melakukan penindasan kepada rakyatnya. Sedangkan diktatorisme adalah sebuah paham yang dijalankan di dalam suatu negara / wilayah dengan dipimpin oleh seorang pemimpin yang sangat otoriter atau disebut dengan diktator. Pada umumnya seorang diktator akan mendapatkan jabatan dengan menempuh jalur kekerasan dan perang.
Pengertian otoriter adalah sebuah paham pemerintahan dalam sebuah negara / wilayah yang meletakkan segala bentuk kekuasaan pada negara atau pemimpin negara tersebut tanpa memperhatikan aspek-aspek kebebasan individu. Paham ini merupakan kebalikan dari paham demokrasi di mana sebuah pemerintahan dijalankan dan diselenggarakan oleh rakyat dan untuk rakyat.
Ada beberapa tokoh dunia yang terkenal dengan kediktatorannya, di antaranya:
1. Benito Mussolini yang berkuasa di Italia pada tahun 1883-1945.
Mussolini dikenal sebgai seorang pemimpin fasis yang pada akhirnya disandera dan ditembak mati oleh partisan komunis pada tahun 1945.

2. Adolf Hitler yang berkuasa di Jerman sekitar tahun 1938-1945.
Hitler yang seumur hidupnya ini dikenal sebagai seorang diktator yang kejam memilih mengakhiri hidupnya dengan cara menembak diri sendiri dan meminta seorang staffnya untuk membakar jasadnya setelahnya.
3. Nicolae Ceausescu Yang berkuasa di Rumania pada tahun 1918-1989.
Pemimpin komunis terakhir di Rumania ini dieksekusi bersama dengan istrinya dengan cara ditembak mati.

Dan lain-lain, silahkan baca sejarah dari sumber yang kredibel, yang jelas di negara yang dipimpin diktator tidak ada kebebasan menyampaikan pendapat (apalagi nyinyir) pasti langsung dihabisin, baik dengan pembunuh atau penculik misterius dan seringkali jasad korban tidak ditemukan (katanya hal ini pernah terjadi di Indonesia, kalau benar semoga segera ditangkap biang keroknya).

Dengan penjelasan di atas apakah anda percaya sama si nyinyir bahwa pemerintahan sekarang adalah Diktator?

Ciri ciri orang bodoh adalah orang yang bicara dulu mikir belakangan!! Nah apakah ada orang yang mau mendengar dan mengikuti orang bodoh, kecuali sama-sama bodoh?!

@shtobing

Add a Comment

Show Buttons
Hide Buttons