BERBAGAI CONTOH KLAIM ASURANSI YANG DI LUAR DUGAAN – AYO BERASURANSI

Hallo para pembaca sekalian, karena pengalaman saya bertahun-tahun adalah bekerja di Asuransi Umum (Non-Life), bahkan lebih dari sebagian waktu adalah bekerja di bidang klaim asuransi (lebih dari 20 tahun saya bekerja di bagian klaim asuransi), maka saya sangat sering melihat kejadian-kejadian klaim yang acapkali berada di luar akal kita, atau sederhananya: di luar dugaan kita, untuk membantu kita semua dalam mengelola risiko berikut contoh peristiwa klaim dari berbagai jenis product asuransi:

1. Kebakaran sebuah bangunan kantor karena merambatnya api dari bengkel sebelah, keanehannya: terjadi kebakaran di bengkel dan apinya merambat melalui selokan yang berisi air. Kenapa bisa merambat? Ternyata bengkel membuang sisa bahan bakar, thinner cat maupun olie ke selokan, dan karena berat jenisnya lebih rendah dari air maka bahan bakar, thinner cat ataupun olie mengapung di air dan menjadi sarana perambatan api.

2. Kebakaran sebuah pabrik karena rumput alang-alang di tempat lain terbakar. Keanehannya: rumput alang-alang berada cukup jauh, lebih dari 100 meter dari pabrik, tetapi sebagian dari alang-alang yang terbakar terbang tertiup angin dan terjatuh ke box kertas yang ada di dalam pabrik, dan segera membakar pabrik. Karena kejadian pada saat pagi hari maka kebakaran tidak dapat segera dipadamkan, sehingga membesar dan membakar keseluruhan pabrik.

3. Kehilangan mobil karena dicuri, keanehannya adalah mobil (sebutlah mobil A) sudah dikunci dan diparkir di dalam garasi pemilik, bahkan di antara mobil yang dicuri dengan gerbang terdapat mobil lain (sebut mobil B), tetapi yang hilang dicuri adalah mobil yang ada di dalam padahal sulit memindahkannya. Ternyata pencuri dengan mudah membobol garasi, menggeser mobil B (yang tidak ingin dicurinya) dan setelah itu baru mencuri mobil A yang sudah diincarnya. Menurut informasi dari kepolisian bisa jadi si pencuri tidak mencuri semua jenis mobil, karena tidak menyukai jenis tertentu misalnya mobil Eropa yang sulit dijual di black market.

4. Kerusakan mobil saat berjalan di bawah proyek pembangunan jalan layang, kenehannya adalah terjadi kerusakan di atap mobil karena tertimpa sebuah baut. Ya sebuah baut, yang terjatuh dari proyek yang ada di atas kendaraan, dan bautnya cukup besar sehingga menembus atap kendaraan. Kerusakan kira-kira hanya selebar 10 cm akan tetapi biaya perbaikan kendaraan cukup besar, bahkan beberapa panel kendaraan harus diganti baru.

5. Jatuhnya sebuah pesawat penumpang sehingga menimbulkan korban jiwa, keanehannya adalah setelah diselidiki pesawat jatuh karena mesin pesawat mati akibat masuknya seekor burung (tepatnya burung terjebak ke dalam mesin pesawat) karena saat terbang berpapasan dengan pesawat. Kerugian sangat besar karena selain pesawat hancur juga tanggungjawab untuk penumpang dan barang-barang (termasuk cargo) di bagasi pesawat.

Di atas hanya sebagian dari contoh-contoh kerugian yang di luar logika kita, dan itu menjawab sebagian orang yang mengatakan “UNTUK APA BELI ASURANSI?”. Kalau dari harga saya rasa dengan tulisan saya di pasti biaya premi asuransi tidak jadi masalah bagi kita semua. Akan tetapi peristiwa-peristiwa kecelakaan dan kerugian yang tidak bisa kita antisipasi adalah hal yang utama dilindungi oleh asuransi.

Silahkan baca contoh-contoh lainnya:

Mari Berasuransi!
GBU
@shtobing

Add a Comment

Show Buttons
Hide Buttons